Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan Asesmen Autentik Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

Lumban Tobing, Priskila Uli Arta (2024) Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan Asesmen Autentik Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206174002_Cover.pdf] Text
8206174002_Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 8206174002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206174002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of 8206174002_Abstrak.pdf] Text
8206174002_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 8206174002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206174002_Kata_Pengantar.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 8206174002_Daftar_Isi.pdf] Text
8206174002_Daftar_Isi.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 8206174002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206174002_Daftar_Tabel.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8206174002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206174002_Daftar_Gambar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 8206174002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206174002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 8206174002_BAB_I.pdf] Text
8206174002_BAB_I.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 8206174002_BAB_II.pdf] Text
8206174002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8206174002_BAB_III.pdf] Text
8206174002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[thumbnail of 8206174002_BAB_IV.pdf] Text
8206174002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8206174002_BAB_V.pdf] Text
8206174002_BAB_V.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 8206174002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206174002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 8206174002_Lampiran.pdf] Text
8206174002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kemampuan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) dan asesmen autentik mahasiswa calon guru biologi dalam pelaksanaan pengenalan lapangan persekolahan (PLP). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel penelitian 55 mahasiswa Universitas Negeri Medan yang telah melaksanakan PLP II di tingkat SMA Kelas XI. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa mahasiswa calon guru biologi UNIMED memiliki kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) yang dikategorikan sangat baik, yaitu TK (89,39), PK (89,70), CK (88,48), TPK (91,31), TCK (89,90), PCK (92,53), dan TPACK (86,55). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi di Universitas Negeri Medan dalam mengintegrasikan TPACK pada pelaksanaan PLP II dikategorikan sangat baik. Dua aspek yang dievaluasi, yaitu aspek TPK (85,76) dan PCK (87,68). Tiga aspek yang dievaluasi dalam kemampuan mahasiswa calon guru biologi di Universitas Negeri Medan dalam melakukan asesmen autentik pada pelaksanaan PLP di tingkat SMA, yaitu kemampuan dalam membuat perencanaan asesmen autentik memiliki nilai rata-rata 93,94, kemampuan dalam melaksanakan asesmen autentik memiliki nilai rata-rata 94,55, dan hambatan dalam melakukan asesmen autentik memiliki nilai rata-rata 75,00.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.72 Lum a
Keywords: TPACK, Asesmen Autentik, Mahasiswa Calon Guru Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:35
Last Modified: 01 Jul 2025 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63000

Actions (login required)

View Item
View Item