Tsaniah, Wardah (2024) Efektivitas Penggunaan Permainan Scramble Pada Materi Des Choses Et De Lieux Public di SMA Negeri 11 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2173131023_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Cover.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of 2173131023_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (748kB)
![[thumbnail of 2173131023_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Abstrak.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 2173131023_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Kata_Pengantar.pdf
Download (397kB)
![[thumbnail of 2173131023_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Daftar_Isi.pdf
Download (383kB)
![[thumbnail of 2173131023_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Daftar_Tabel.pdf
Download (353kB)
![[thumbnail of 2173131023_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 2173131023_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 2173131023_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_BAB_I.pdf
Download (465kB)
![[thumbnail of 2173131023_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (789kB)
![[thumbnail of 2173131023_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (713kB)
![[thumbnail of 2173131023_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2173131023_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_BAB_V.pdf
Download (409kB)
![[thumbnail of 2173131023_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (408kB)
![[thumbnail of 2173131023_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2173131023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan Scramble
dalam meningkatkan pemahaman artikel bahasa Prancis pada siswa kelas XII IPA
7 di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain pra-eksperimental yang mencakup pre-test dan post-test. Sampel
terdiri dari 35 siswa, dan pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi
kelas, dan wawancara dengan guru. Metodologi ini memungkinkan untuk
mendapatkan gambaran menyeluruh tentang dampak permainan Scramble
terhadap pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang
signifikan dalam kinerja siswa setelah penggunaan permainan Scramble. Nilai
rata-rata meningkat dari 27,86 pada pre-test menjadi 87,31 pada post-test,
menunjukkan kemajuan yang luar biasa dalam pemahaman dan penggunaan
artikel bahasa Prancis. Uji non-parametrik Wilcoxon, yang dipilih karena data
tidak berdistribusi normal, menunjukkan perbedaan yang signifikan secara
statistik (Z = -5,191, p < 0,05) antara nilai sebelum dan sesudah intervensi.
Peningkatan substansial ini membuktikan efektivitas permainan Scramble sebagai
metode pembelajaran untuk penguasaan artikel bahasa Prancis, khususnya dalam
konteks "benda dan tempat umum". Analisis data kualitatif dari hasil observasi
dan wawancara mendukung temuan kuantitatif. Analisis ini menunjukkan
peningkatan yang nyata dalam keterlibatan dan motivasi siswa selama sesi
pembelajaran menggunakan permainan Scramble. Siswa menunjukkan minat yang
lebih besar dalam pembelajaran bahasa Prancis dan peningkatan dalam mengingat
aturan tata bahasa terkait artikel. Selain itu, suasana menyenangkan yang
diciptakan oleh permainan ini berkontribusi dalam mengurangi kecemasan
berbahasa yang sering dikaitkan dengan pembelajaran bahasa asing. Sebagai
kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan permainan Scramble
membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga
meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa. Pendekatan bermain ini
terbukti sangat efektif untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran artikel
bahasa Prancis, aspek yang sering dianggap kompleks oleh pembelajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode ini dapat diadaptasi untuk aspek-aspek
lain dalam pengajaran bahasa Prancis, membuka perspektif baru untuk inovasi
pedagogis dalam pengajaran bahasa asing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektifitas; Permainan Scramble; Bahasa Prancis; Pembelajaran Berbasis Permainan; Motivasi; Pengajaran Bahasa Prancis; Inovasi Pedagogis |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:14 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62973 |