Bugis, Ismi Nidya Salmi (2024) Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193311002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Cover.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 5193311002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (499kB)
![[thumbnail of 5193311002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Kata_Pengantar.pdf
Download (623kB)
![[thumbnail of 5193311002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Abstrak.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 5193311002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Daftar_Isi.pdf
Download (594kB)
![[thumbnail of 5193311002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Daftar_Tabel.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of 5193311002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Daftar_Gambar.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 5193311002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (339kB)
![[thumbnail of 5193311002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5193311002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![[thumbnail of 5193311002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 5193311002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 5193311002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_BAB_V.pdf
Download (650kB)
![[thumbnail of 5193311002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (542kB)
![[thumbnail of 5193311002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Binjai Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI DPIB dengan total 65 siswa, di mana 32 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen yang menerapkan perlakuan Self-Efficacy dengan treadmen goal setting, feedback, dan reward, dan 33 siswa lainnya sebagai kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan Self-Efficacy, semua siswa di kedua kelas memiliki nilai di
bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Namun, setelah penerapan Self-Efficacy dengan treadmen goal setting, feedback, dan reward, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana 20 siswa dengan nilai rata-rata 83.19 berhasil mencapai nilai di atas KKM. Sebaliknya, kelas kontrol hanya 13 siswa dengan nilai rata-rata 70,33 siswa yang berhasil mencapai nilai di atas KKM. Pengaruh hasil penelitian dibuktikan dengan analisis statistik uji-t yang menunjukkan bahwa thitung (5,807) > ttabel (1,669). Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Self-Efficacy dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, dan menunjukkan pentingnya peran guru dalam
mengimplementasikan strategi-strategi tersebut untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self-Efficacy; Feedback; Reward; Goal Setting; Hasil Belajar |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts > NK1700 Interior decoration. House decoration Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:22 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62968 |