Ramadhany, Elisya (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD NEGERI 027977 BINJAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111018 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
109111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
109111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
109111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
109111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109111018 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
109111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDNegeri 027977 Binjai setelah menggunakan model pembeklajaran Snowball Throwing. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 027977 Binjai yang berjumlah 20 orang, objeknya adalah aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran SAINS dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I terlebih dahulu dilakukan observasi awal/prasiklus untuk mengetahui letak kesulitan pada mata pelajaran SAINS khususnya pada materi energi dan penggunaannya. Penelitian ini dilaksanakan secara bersama antara peneliti dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengamatan observasi guru mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasiguru mulai dari pertemuan I sampai dengan pertemuan IV. Pada pertemuan pertama memperoleh observasi sebesar 56,52% adalah rendah. Pada pertemuan kedua memperoleh 71,73% adalah sedang. Pada pertemuan ketiga memperoleh observasi sebesar 83,69% adalah tinggi, dan dipertemuan keempat memperoleh 89,13% adalah tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil observasi guru dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa siswa telah termotivasi untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang terdapat dalam model pembelajaran Snowball Throwing. Pada setiap siklusnya, aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai pada Siklus II. Yaitu pada pertemuan pertama sebesar 10% siswa yang aktif, pada pertemuan kedua sebesar 20% siswa yang aktif, pada pertemuan ketiga terdapat 85% siswa aktif, sedangkan pada pertemuan ketiga terdapat 90% siswa yang aktif. Artinya dengan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa khususnya pada mata pelajaran SAINS materi pokok energi dan penggunaannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Ram m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Model Pembelajaran; Snowball Throwing; Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6294 |