Waruwu, Berkat (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK Negeri 5 Medan Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Iinformasi Bangunan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5171111003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Cover.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of 5171111003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (389kB)
![[thumbnail of 5171111003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Abstrak.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 5171111003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Daftar_Isi.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 5171111003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 5171111003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 5171111003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 5171111003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_BAB_I.pdf
Download (438kB)
![[thumbnail of 5171111003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5171111003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (998kB)
![[thumbnail of 5171111003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5171111003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_BAB_V.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 5171111003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (67kB)
![[thumbnail of 5171111003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5171111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Gambar Teknik yang rendah dan masih kurang tersedianya bahan ajar terutama berbasis modul pada proses pembelajaran pada kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan modul yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik, (2) Mengetahui kelayakan modul mata pelajaran Gambar Teknik berdasarkan penilaian ahli media/modul, ahli
materi, guru mata pelajaran dan siswa kelas X DPIB. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE meliputi tahapan analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk menguji tingkat kelayakan modul melalui validasi dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran, dan pengguna. Validasi yang dilakukan didapat skor akumulasi sebesar 85,5% dengan rincian ahli media
memberikan skor 88%, ahli materi I memberikan skor 87,5%, dan ahli materi II (guru mata pelajaran) memberikan skor 81,2%. Berdasarkan penilaian para ahli maka dapat
disimpulkan bahwa modul pelajaran Gambar Teknik yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Modul; Research and Development (R&D); Gambar Teknik; ADDIE |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:50 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62921 |