Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK Negeri 5 Medan Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Iinformasi Bangunan

Waruwu, Berkat (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK Negeri 5 Medan Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Iinformasi Bangunan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5171111003_Cover.pdf] Text
5171111003_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 5171111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5171111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 5171111003_Abstrak.pdf] Text
5171111003_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 5171111003_Daftar_Isi.pdf] Text
5171111003_Daftar_Isi.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 5171111003_Daftar_Tabel.pdf] Text
5171111003_Daftar_Tabel.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5171111003_Daftar_Gambar.pdf] Text
5171111003_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 5171111003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5171111003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5171111003_BAB_I.pdf] Text
5171111003_BAB_I.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 5171111003_BAB_II.pdf] Text
5171111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5171111003_BAB_III.pdf] Text
5171111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[thumbnail of 5171111003_BAB_IV.pdf] Text
5171111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5171111003_BAB_V.pdf] Text
5171111003_BAB_V.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 5171111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5171111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 5171111003_Lampiran.pdf] Text
5171111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran Gambar Teknik yang rendah dan masih kurang tersedianya bahan ajar terutama berbasis modul pada proses pembelajaran pada kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan modul yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik, (2) Mengetahui kelayakan modul mata pelajaran Gambar Teknik berdasarkan penilaian ahli media/modul, ahli
materi, guru mata pelajaran dan siswa kelas X DPIB. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE meliputi tahapan analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk menguji tingkat kelayakan modul melalui validasi dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran, dan pengguna. Validasi yang dilakukan didapat skor akumulasi sebesar 85,5% dengan rincian ahli media
memberikan skor 88%, ahli materi I memberikan skor 87,5%, dan ahli materi II (guru mata pelajaran) memberikan skor 81,2%. Berdasarkan penilaian para ahli maka dapat
disimpulkan bahwa modul pelajaran Gambar Teknik yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Modul; Research and Development (R&D); Gambar Teknik; ADDIE
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:50
Last Modified: 30 Jun 2025 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62921

Actions (login required)

View Item
View Item