Purba, Willi Fernando (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR WARGA BELAJAR (STUDY PADA LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS KENCANA DI KECAMATAN BABALAN PANGKALAN BERANDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.
07121132005 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
07121132005 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
07121132005-Abstrak.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
07121132005-Daftar ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
07121132005-Daftar TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
07121132005-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
07121132005-BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
07121132005-BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
07121132005-Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar warga belajar di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Kencana di kecamatan Babalan Pangkalan Berandan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Audio Visual di lembaga kursus bahasa inggris kencana di kecamatan babalan pangkalan berandan. Rohani (1997:97-98) menyatakan “ Media Audio Visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Menurut Walgito (1982) “minat adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap objek yang disertai keinginan untuk mengetahui maupun mempelajari ataupun membuktikannya lebih lanjut”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional (hubungan). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Korelasi ini di deskripsikan secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 35 siswa (warga belajar) Lembaga Kursus Bahasa Inggris Kencana di Kecamatan Babalan Pangkalan Berandan. Pengambil sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Untuk menentukan apakah hipotesis yang dirumuskan dapat diterima atau tidaknya digunakan uji “t” dengan rumus :t = □((r √((n-2) ))/√((1- r^2 ) )) (Sudjana, 2002:380)Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Kencana Kecamatan Babalan Pangkalan Berandan. Hal ini terlihat nilai rxy = 0,812 dan nilai t hitung > t tabel (0,05) yaitu 8,05 > 2,04.Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Kencana Kecamatan Babalan Pangkalan Berandan adalah baik dengan skor rata-rata 51,11 pada skala maksimal 60. Minat belajar siswa mempelajari bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Kencana Kecamatan Babalan Pangkalan Berandan adalah tinggi dengan nilai rata-rata 46,60 pada skala maksimal 60. Selanjutnya. Sehubungan dengan itu disarankan kepada guru dalam menerangkan materi pelajaran bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Kencana Kecamatan Babalan Pangkalan Berandan sebaiknya diselingi dengan menggunakan media audio visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.071 Pur p |
Keywords: | Media Pembelajaran;Audio; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6287 |