Maria, Agnes Fifi (2012) UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAKUSIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA DI PAUD NUANSA PERSADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314001_COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108314001_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108314001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108314001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108314001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108314001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108314001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108314001_BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
108314001_BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
108314001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian adalah : Apakah dengan kegiatanbercerita dapat mengembangkan karakter jujur anak usia 5-6 tahun di PAUDNuansa Persada Medan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengembangkankarakter jujur anak usia 5-6 tahun di PAUD Nuansa Persada Medan melaluikegiatan bercerita, 2. Mengetahui seberapa besar pengembangan karakter jujuranak usia 5-6 tahun di PAUD Nuansa Persada Medan.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas.Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara.Analisa data dilakukan dengan cara menginterpretasi data hasil temuan penelitiandi lapangan dengan cara membandingkan antara kajian teoritis dengan kenyataanyang ada di lapangan.Perkembangan karakter anak usia 5-6 tahun di PAUD Nuansa PersadaMedan sebelum diterapkannya kegiatan bercerita masih kurang dengan skor ratarata60,25 dengan 3 anak (15%) berada pada posisi Mulai Berkembang, dan 17anak (85%) masih pada posisi Mulai Terlihat. Perkembangan karakter anak usia5-6 tahun di PAUD Nuansa Persada Medan setelah diterapkannya kegiatanbercerita pada siklus I dengan skor rata-rata 73,05 dengan 7 anak (35 %) beradapada posisi Mulai Terlihat dan 13 anak (65%) berada pada posisi MulaiBerkembang. Perkembangan karakter anak pada siklus I ini masih belum optimalkarena masih ada anak yang berada pada posisi Mulai Terlihat, diharapkan anaktidak ada yang berada pada posisi ini. Perkembangan karakter anak usia 5-6 tahundi PAUD Nuansa Persada Medan setelah diterapkannya kegiatan bercerita padasiklus II menjadi tinggi dengan skor rata-rata 90,50 atau sebanyak 13 anak (65%)berada pada Membudayakan kejujuran dalam dirinya dan 7 anak (35%) lagiberada pada posisi Mulai berkembang.Hasil penelitian menunjukkan ada kaitan kegiatan bercerita denganperkembangan karakter jujur anak. Melalui kegiatan bercer ita perkembangankarakter jujur anak semakin berkembang yaitu dalam hal membiasakanmengucapkan kata-kata yang jujur (tidak bohong), berani mengakui kesalahanyang diperbuat, menjaga milik orang lain (tidak mau mengambil milik orang lain),berani mengatakan yang benar dan yang salah, melaksanakan yang menjadikewajiban. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bercerita dapatmengembangkan karakter jujur anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mar u |
Keywords: | Bercerita;karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6283 |