PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 064006 MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2012 / 2013

Affandi, Ahmad (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 064006 MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109311002_COVER.pdf]
Preview
Text
109311002_COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 109311002_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109311002_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (798kB) | Preview
[thumbnail of 109311002_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109311002_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 109311002_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109311002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 109311002_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109311002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 109311002_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109311002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 109311002_BAB I.pdf]
Preview
Text
109311002_BAB I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 109311002_BAB V.pdf]
Preview
Text
109311002_BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 109311002_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109311002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya efektivitas belajar IPA siswa pada materi susunan bumi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa pada materi susunan bumi dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model pembelajaran Word Square, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh sisiwa kelas V SDN 064006 Medan Marelan Tahun Ajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 35 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian angket dan observasi. Soal angket yang diberikan 2 kali yaitu siklus I, siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa secara keseluruhan sebelum diberikan tindakan (prasiklus) efektivitas belajar siswa diperoleh rata-rata nilai klasikal 59,4%, setelah diterapkan siklus I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square efektivitas belajar siswa meningkat dengan rata-rata klasikal menjadi 75,9%, dan meningkat menjadi rata-rata 87,1% setelah dilakukan tindakan siklus II.Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains materi susunan bumi kelas V SDN 064006 Medan Marelan Tahun Ajaran 2012 / 2013. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka meningkatkan efektivitas belajar siswa dalam belajar IPA diharapkan kepada guru tidak hanya menggunakan metode ceramah namun dapat merancang dan mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.357 Aff p
Keywords: Hasil Belajar; Efektivitas Indikator; Model Pembelajaran; Kooperatif; Word Square; Pendidikan; Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 22 Jul 2016 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6275

Actions (login required)

View Item
View Item