Sidauruk, Ida Maria Basama (2025) “Hubungan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X SMA Santo Thomas 3 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3202421005_Cover.pdf
Download (60kB)
3202421005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (774kB)
3202421005_Abstrak.pdf
Download (252kB)
3202421005_Kata_Pengantar.pdf
Download (822kB)
3202421005_Daftar_Isi.pdf
Download (140kB)
3202421005_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
3202421005_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
3202421005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (303kB)
3202421005_BAB_I.pdf
Download (383kB)
3202421005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (509kB)
3202421005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (681kB)
3202421005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3202421005_BAB_V.pdf
Download (137kB)
3202421005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (111kB)
3202421005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berupaya untuk mengetahui hubungan kompetensi profesional guru dan hasil belajar sejarah siswa kelas X di SMA Santo Thomas 3 Medan. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data seperti
menyebarkan kuesioner, melakukan observasi, dan mengumpulkan dokumentasi. Seluruh populasi yang diteliti terdiri dari 68 siswa yang diidentifikasi melalui simple random sampling. Selanjutnya untuk menilai dan mengidentifikasi hubungan antara variabel x dan y digunakan persamaan korelasi product moment dengan menggunakan data kuesioner. Berdasarkan temuan hasil penelitian, dapat ditunjukkan bahwa ada hubungan kompetensi profesional guru dan hasil belajar sejarah siswa. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil perhitungan koefisien
korelasi, dimana rhitung sama dengan 1,149. Dengan derajat kebebasan (df) yang dihitung sebesar n-2 (68-2=66), maka nilai rhitung melebihi nilai rtabel yaitu sebesar
1,149 > 0,3044, hal ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara Variabel X dan Variabel Y adalah signifikan. Daftar distribusi t, untuk dk=66 nilai ttabel sama dengan 2,021 pada α=0,05 atau taraf signifikansi 5%. Dengan membandingkan
thitung terhadap ttabel diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 7,076 > 2,021. Berdasarkan hasil pengujian Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini adalah “ada hubungan antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar sejarah kelas X SMA Santo Thomas 3 Medan”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hubungan Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Sejarah |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:52 |
| Last Modified: | 24 Jun 2025 02:52 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62716 |
