Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X SMK Persiapan Padang Tualang

Fadillah, Rifandy (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X SMK Persiapan Padang Tualang. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173351037_Cover.pdf] Text
5173351037_Cover.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 5173351037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173351037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of 5173351037_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173351037_Kata_Pengantar.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of 5173351037_Abstrak.pdf] Text
5173351037_Abstrak.pdf

Download (972kB)
[thumbnail of 5173351037_Daftar_Isi.pdf] Text
5173351037_Daftar_Isi.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 5173351037_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173351037_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 5173351037_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173351037_Daftar_Gambar.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 5173351037_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173351037_Daftar_Lampiran.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 5173351037_BAB_I.pdf] Text
5173351037_BAB_I.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 5173351037_BAB_II.pdf] Text
5173351037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[thumbnail of 5173351037_BAB_III.pdf] Text
5173351037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5173351037_BAB_IV.pdf] Text
5173351037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 5173351037_BAB_V.pdf] Text
5173351037_BAB_V.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of 5173351037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173351037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of 5173351037_Lampiran.pdf] Text
5173351037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran dan rendahnya pemahaman kemampuan siswa terhadap materi yang diberikan guru dikarenakan kurang efektifnya pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan media pembelajaran interaktif dan keefektifan media pembelajaran melalui hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Persiapan Padang Tualang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Dimana tahapannya ada 5 yaitu Analysis (Analisis) ,Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), and Evaluation (Evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain. Media yang dikembangkan juga diujicoba kepada 12 siswa kelas X SMK Persiapan Padang Tualang. Hasil penelitian ini adalah: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline untuk mata pelajaran komputer dan jaringan dasar yang telah dikembangkan; (2) Kelayakan telah teruji dengan baik dari segi materi, dan segi media maupun penggunaan dengan kategori “Sangat Layak” pada masing-masing tahap pengujian. Hasil pengujian validasi ahli: (1) Hasil validasi Ahli Materi 4,26 dapat dinyatakan “Sangat Layak”. (2) Hasil validasi Ahli Media 4,3 dapat dinyatakan “Sangat Layak”. (3) Hasil uji coba N-Gain menunjukkan 79,21% masuk dalam kategori “Efektif”. (4) Dan juga Persentase keefektifan 78,17% dengan rata-rata hasil N-Gain 0,78 kategori “ Tinggi ” produk tersebut dikatakan efektif untuk digunakan. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline sangat layak digunakan dalam pembelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Persiapan Padang Tualang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Belajar; Media Pembelajaran; Web; Articulate Storyline
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:38
Last Modified: 23 Jun 2025 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62649

Actions (login required)

View Item
View Item