Lailia, Syifa (2025) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Tingkat SMP Sekolah Murid Merdeka Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3203111010_Cover.pdf
Download (314kB)
3203111010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (979kB)
3203111010_Abstrak.pdf
Download (192kB)
3203111010_Kata_Pengantar.pdf
Download (393kB)
3203111010_Daftar_Isi.pdf
Download (229kB)
3203111010_Daftar_Gambar.pdf
Download (190kB)
3203111010_Daftar_Tabel.pdf
Download (304kB)
3203111010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (190kB)
3203111010_BAB_I.pdf
Download (495kB)
3203111010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (732kB)
3203111010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (570kB)
3203111010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3203111010_BAB_V.pdf
Download (299kB)
3203111010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (458kB)
3203111010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari penerapan Kebijakan Kurikulum Merdeka di tingkat SMP Sekolah Murid Merdeka (SMM) di Medan. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis proyek yang diterapkan serta menilai kesesuaian proyek tersebut dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan
data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dari SMP SMM Medan. Data dianalisis dengan mengikuti tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setiap proyek dirancang untuk mencerminkan nilainilai dalam Profil Pelajar Pancasila, seperti iman dan takwa, berkebhinekaan global, gotong royong, berpikir kritis, kemandirian, dan kreativitas. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa SMM Medan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan blended learning yang mengkombinasikan pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) dan pembelajaran tatap muka berbasis proyek. Proyek P5 yang dilaksanakan meliputi kelas ekspresi, pameran karya, dan field trip. Pelaksanaan proyek P5 di SMM
Medan berhasil mencerminkan dimensi Profil Pelajar Pancasila, mendukung pembentukan karakter siswa, dan selaras dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3820 Economic constitution, policy, planning, and development |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
| Depositing User: | Mr Setiady Setiady |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:45 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 02:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62643 |
