Pengaruh Nomophobia Terhadap Konsentrasi Belajar dan Prestasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa

Anggarini, Ira (2025) Pengaruh Nomophobia Terhadap Konsentrasi Belajar dan Prestasi Akademik Pada Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213151065_Cover.pdf] Text
1213151065_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 1213151065_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213151065_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 1213151065_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213151065_Kata_Pengantar.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1213151065_Daftar_Isi.pdf] Text
1213151065_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1213151065_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213151065_Daftar_Tabel.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 1213151065_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213151065_Daftar_Gambar.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1213151065_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213151065_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1213151065_BAB_I.pdf] Text
1213151065_BAB_I.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 1213151065_BAB_II.pdf] Text
1213151065_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[thumbnail of 1213151065_BAB_III.pdf] Text
1213151065_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[thumbnail of 1213151065_BAB_IV.pdf] Text
1213151065_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213151065_BAB_V.pdf] Text
1213151065_BAB_V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 1213151065_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213151065_Daftar_Pustaka.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 1213151065_Lampiran.pdf] Text
1213151065_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nomophobia terhadap konsentrasi belajar dan prestasi akademik siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan sampel sebanyak 92 siswa yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari 40 butir pernyataan, dengan jumlah angket untuk nomophobia sebanyak 27, konsentrasi belajar 25, dan prestasi akademik 16, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi tingkat nomophobia siswa mencapai 99, sementara konsentrasi belajar siswa tergolong baik dengan nilai tertinggi 80, dan prestasi akademik berada pada kategori rendah dengan nilai tertinggi 61.Uji regresi sederhana menunjukkan bahwa nomophobia berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar (11%) dan prestasi akademik (6,4%), dengan nilai p masing-masing 0,001 dan 0,019, yang mengonfirmasi keandalan pengaruh ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat nomophobia yang tinggi dapat mengganggu konsentrasi dan mempengaruhi prestasi akademik siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan dan layanan bimbingan konseling di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konsentrasi belajar; Prestasi akademik; Siswa SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 20 Jun 2025 05:11
Last Modified: 20 Jun 2025 05:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62617

Actions (login required)

View Item
View Item