Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Magic Book Berbsis Augmented Reality di SMK Swasta Jambi

Hasibuan, Muhammad Hafiz Attharriq (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Magic Book Berbsis Augmented Reality di SMK Swasta Jambi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193351022_Cover.pdf] Text
5193351022_Cover.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 5193351022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193351022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5193351022_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193351022_Kata_Pengantar.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 5193351022_Abstrak.pdf] Text
5193351022_Abstrak.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 5193351022_Daftar_Isi.pdf] Text
5193351022_Daftar_Isi.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 5193351022_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193351022_Daftar_Tabel.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 5193351022_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193351022_Daftar_Gambar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 5193351022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193351022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 5193351022_BAB_I.pdf] Text
5193351022_BAB_I.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 5193351022_BAB_II.pdf] Text
5193351022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193351022_BAB_III.pdf] Text
5193351022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193351022_BAB_IV.pdf] Text
5193351022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193351022_BAB_V.pdf] Text
5193351022_BAB_V.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 5193351022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193351022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 5193351022_Lampiran.pdf] Text
5193351022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Dalam melakukan proses pemebelajaran di SMK Swasta jambi belum ada mengembagkan sebuah media pembelajaran dan bahan ajar yang inovatif. Pembelajaran di SMK Swasta Jambi hanya menggunakan media konvensional sebagai media pembelajaran tidak ada media tambahan sebagai pendorong minat belajar siswa. Ditambah lagi keterbatasan dalam sarana dan prasarana. Oleh karena itu, dikembangkanlah media pembelajaran magic book berbasis augmented reality yang bertujuan untuk membantu siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan, menjadi sumber belajar siswa, dan membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan variasi. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini dalam uji kelayakan dilakukan oleh 2 validator sebagai ahli materi dan 2 validator sebagai ahli media. Rata-rata penilaian dari ahli materi dan ahli media mencapai 4,17 – 5,00 yang berarti “Sangat layak”. Oleh sebab itu, dukungan yang dikembangkan ini sangat cocok untuk diterapkan. Selain uji kelayakan, juga dilakukan uji efektivitas untuk mengetahui seberapa efektiv alat yang dikembangkan. Dalam menguji efektivitas ini menggunkan uji N-gain pada kelas kontrol dan eksperimen. Kelas kontrol mempunyai rata-rata 0,41 atau 41%, sedangakan kelas eksperimen mempunyai rata-rata 0,74 atau 74%. Perbedaan kedua hasil tersebut dikarenakan kelas eksperimen mempunyai dampak positif yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Interaktif Magic Book; Augmented Reality
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 20 Jun 2025 04:48
Last Modified: 20 Jun 2025 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62609

Actions (login required)

View Item
View Item