Siagian, Diki Hairul (2024) Pengembangan Smart Modul Berbasis Augmented Reality pada Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMKS Jambi. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5191151013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Cover.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 5191151013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (596kB)
![[thumbnail of 5191151013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Kata_Pengantar.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 5191151013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Abstrak.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 5191151013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Daftar_Isi.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 5191151013_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Daftar_Tabel.pdf
Download (58kB)
![[thumbnail of 5191151013_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Daftar_Gambar.pdf
Download (58kB)
![[thumbnail of 5191151013_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 5191151013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_BAB_I.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of 5191151013_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (881kB)
![[thumbnail of 5191151013_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
![[thumbnail of 5191151013_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191151013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_BAB_V.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 5191151013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 5191151013_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di lingkungan SMKS Jambi Medan, khususnya jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi pada kelas 10. Adapun permasalahan yang ditemukan ialah permasalahan pembelajaran dimana dalam proses pelaksanaan pembelajarannya, SMKS Jambi Medan belum mengembangkan bahan ajar yang inovatif. Kurangnya bahan ajar disebabkan karena belum sempurnanya penyediaan bahan ajar di sekolah, sehingga peserta didik hanya menunggu informasi pembelajaran. Selain itu, proses pembelajaran di kelas juga kurang menarik dan cenderung membosankan. Oleh karena itu, dikembangkanlah sebuah media pembelarajan Smart Modul berbasis Augmented Reality yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, menjadi sumber belajar bagi siswa dan membuat proses pembelajaran jadi lebih berkesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi Fiber Optik di kelas X Teknik Jaringan Komputer & Telekomunikasi di SMKS Jambi Medan. Pengembangan dan penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini, dilakukan uji kelayakan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi serta diiringi dengan akseptansi siswa. Hasilnya, ketiga pengujian ini mendapatkan nilai pada rentang 4.17-5.00 dan memenuhi kriteria Sangat Layak. Selain itu dilakukan juga uji efektivitas guna mengetahui tingkat kefektifan produk yang dikembangkan. Uji keefektifannya menggunakan uji N-Gain pada kelas kontrol dan eksperimen. Kelas kontrol memperoleh skor sebesar 0,17 atau 17%, sedangkan kelas eksperimen memperoleh skor sebesar 0,77 atau 77%. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan pengaruh positif yang lebih besar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Smart Modul; Augmented Reality |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 04:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62606 |