Sitompul, Novita Uli (2012) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN (PEMBELAJARAN) DALAM MENGURANGI MASALAH BELAJAR SISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 1 KOTARIH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108321019 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
108321019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108321019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
108321019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
108321019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108321019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108321019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
108321019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
108321019_BAB I.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108321019_BAB V.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
108321019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh layanan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengurangi masalah belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Kotarih?. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengurangi masalah belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Kotarih. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotarih tahun ajaran 2011/2012. Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotarih terdiri dari 4 kelas. Yang menjadi Sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 1 kelas yaitu kelas VIII2 SMP Negeri 1 Kotarih dengan jumlah 38 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen, dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang masalah belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan penguasaan konten (pembelajaran). Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pelaksanaan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengurangi masalah belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Kotarih tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini memberi makna bahwa melalui pemberian layanan penguasaan konten (pembelajaran), masalah belajar yang dialami siswa dapat diatasi atau dicari solusinya sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan memiliki prestasi yang baik. Kesimpulan ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 21.8481 > 2.04 pada taraf signifikansi 5%, dan dari hasil angket sebelum diberikan perlakuan diperoleh rata-rata skor masalah belajar siswa sebesar 81.1578 dan setelah diberikan layanan penguasaan konten selama 4 kali pertemuan diketahui rata-rata perolehan skor sebesar 49.6842.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Sit p |
Keywords: | Bimbingan;Teknik;Metode |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6254 |