Sitorus, Ruth Angelita (2025) Pengembangan Media Video Animasi Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 10 Medan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203351034_Cover.pdf
Download (5MB)
1203351034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203351034_Kata_Pengantar.pdf
Download (300kB)
1203351034_Abstrak.pdf
Download (177kB)
1203351034_Daftar_Isi.pdf
Download (182kB)
1203351034_Daftar_Tabel.pdf
Download (5MB)
1203351034_Daftar_Gambar.pdf
Download (5MB)
1203351034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
1203351034_BAB_I.pdf
Download (315kB)
1203351034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203351034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (515kB)
1203351034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (958kB)
1203351034_BAB_V.pdf
Download (115kB)
1203351034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (211kB)
1203351034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Pengembangan media video animasi layanan informasi untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa SMA Negeri 10 Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian R & D (reaserch and development) penelitian ini menggunakan desain 4D (define, design, development, dissemination). Hasil Validitas instrumen telah diuji menggunakan Bivariate Pearson kemudian dibandingkan dengan r tabel (n:37) = 0,325. Dikarenakan seluruh instrumen memiliki nilai lebih dari 0,325, maka seluruh instrumen dapat dikatakan valid. Acuan dalam pengembangan media video untuk meningkatkan motivasi belajar ini menggunakan 4 aspek dalam motivasi belajar yaitu perhatian, relevan, percaya diri dan kepuasan. Pada aspek perhatian terdapat pernyataan salah satunya terkait dengan merangsang rasa ingin tahu, hasilnya mencapai 61%. Pada aspek relevansi (relevance) salah satunya membahas mengenai isi yang bermanfaat bagi siswa skor yang di peroleh mencapai 36%. pada aspek percaya diri pada konten video animasi sangat mendukung siswa untuk merasa percaya diri terhadap hasil belajar mereka dan kemampuan yang mereka miliki. Pada aspek kepuasan Skor yang paling tinggi terdapat pada pernyataan mengenai perasaan senang mempelajari materi motivasi belajar melalui video animasi sebesar 59%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Video animasi; Layanan informasi; motivasi belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 05:04 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 05:04 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62538 |
