Pengembangan Model Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD di Yayasan Santa Lusia Virgini Pematangsiantar

Sinaga, Ester Justina (2024) Pengembangan Model Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD di Yayasan Santa Lusia Virgini Pematangsiantar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226132003_Cover.pdf] Text
8226132003_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 8226132003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226132003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of 8226132003_Abstrak.pdf] Text
8226132003_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 8226132003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226132003_Kata_Pengantar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 8226132003_Daftar_Isi.pdf] Text
8226132003_Daftar_Isi.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 8226132003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226132003_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8226132003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226132003_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8226132003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226132003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8226132003_BAB_I.pdf] Text
8226132003_BAB_I.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 8226132003_BAB_II.pdf] Text
8226132003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226132003_BAB_III.pdf] Text
8226132003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226132003_BAB_IV.pdf] Text
8226132003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226132003_BAB_V.pdf] Text
8226132003_BAB_V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8226132003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226132003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 8226132003_Lampiran.pdf] Text
8226132003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pelaksanaan supervisi klinis, menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan kefektifan model supervisi klinis berbasis PEDAGOSUP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD di Yayasan Santa Lusia Virgini Pematangsiantar dengan fokus model yang dikembangkan memenuhi standar kelayakan, kepraktisan, dan kefektifan untuk digunakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Pengembangan model mengacu pada model penelitian dan pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini berjumlah 50 orang guru SD di Yayasan Santa Lusia Virgini Pematangsiantar. Tempat penelitian dilaksanakn di 3 unit SD dibawah naungan Yayasan Santa Lusia Virgini Pematangsiantar, yaitu SDS Santa Lusia Sei Rotan, SDS Santa Lusia Siborongborong, dan SDS Santa Maria Dolok Sanggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan supervisi klinis berkelanjutan di Sikus I menyimpulkan bahwa pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi klinis berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru memperoleh nilai rata-rata daya serap kelompok pada siklus I sebesar 70%. Penilaian daya serap kelompok ini masih kurang dari standar penilaian yang ditetapkan yaitu ≥ 75,00%. Berdasarkan hasil observasi dan penilaian yang telah dilakukan, penilaian peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan supervisi klinis berkelanjutan di Sikus II disimpulkan bahwa pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui Supervisi Klinis Berkelanjutan dalam meningkatkan guru Kompetensi pedagogik memperoleh nilai rata-rata daya serap kelompok pada siklus II sebesar 76%. Berdasarkan hasil observasi dan penilaian yang telah dilakukan, penilaian peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan supervisi klinis berkelanjutan di Sikus II menyimpulkan bahwa pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui Supervisi Klinis berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru memperoleh nilai rata-rata daya serap kelompok pada siklus III sebesar 88%. Penilaian daya serap kelompok ini mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dan telah melewati standar penilaian yang ditentukan yaitu ≥ 75,00%. Diketahui program supervisi terdapat peningkatan kompetensi pedagogik guru pada siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 37,50%; 62,50%; dan 100,00%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis efektif dan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Yayasan Santa Lusia Virgini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372 Sin p
Keywords: Supervisi Klinis, Kompetensi Pedagogik, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:11
Last Modified: 19 Jun 2025 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62498

Actions (login required)

View Item
View Item