Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Metode Mathernal Replektif Berbasis Sensitivitas Humanis Dalam Peningkatan Kinerja Guru Tunarungu di SLB di Deli Serdang

Purba, Cawir Rufinus (2025) Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Metode Mathernal Replektif Berbasis Sensitivitas Humanis Dalam Peningkatan Kinerja Guru Tunarungu di SLB di Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226131002_Cover.pdf] Text
8226131002_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 8226131002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226131002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 8226131002_Abstrak.pdf] Text
8226131002_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8226131002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226131002_Kata_Pengantar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 8226131002_Daftar_Isi.pdf] Text
8226131002_Daftar_Isi.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 8226131002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226131002_Daftar_Tabel.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8226131002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226131002_Daftar_Gambar.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 8226131002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226131002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 8226131002_BAB_I.pdf] Text
8226131002_BAB_I.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of 8226131002_BAB_II.pdf] Text
8226131002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226131002_BAB_III.pdf] Text
8226131002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226131002_BAB_IV.pdf] Text
8226131002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 8226131002_BAB_V.pdf] Text
8226131002_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8226131002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226131002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 8226131002_Lampiran.pdf] Text
8226131002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kinerja guru SLB Tunarungu di Kabupaten Deli Serdang masih belum maksimal, dikarenakan pelatihan yang dilakukan belum sesuai kebutuhan guru SLB, sehingga guru tidak dapat merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran anak didik SLB dengan tepat. Untuk itu dibutuhkan pola pelatihan yang dapat menanamkan kemampuan mathernal replektif yang memiliki nilai-nilai sensitivitas humanis pendidik anak berkebutuhan khusus. Adapun tujuan penelitian untuk menganalisis: (1) Model manajemen pelatihan metode mathernal replektif berbasis sensitivitas humanis yang layak; dan (2) Model manajemen pelatihan metode mathernal replektif berbasis sensitivitas humanis yang efektif digunakan pada guru SLB Tunarungu di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode research and development dengan pendekatan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil uji kelayakan model dari pendapat para ahli media, ahli desain, dan ahli bahasa yang memberikan penilaian rata-rata di atas 90% dengan kategori sangat baik; menyimpulkan bahwa model pelatihan mathernal reflektif berbasis sensitivis humanis layak digunakan untuk meningkatkan kinerja guru SLB Tunarungu di Kabupaten Deli Serdang; dan (2) Hasil uji efektivitas model pada uji coba luas terbatas dengan N-Gain Score sebesar g = 0,7284 > 0,7 dan prosentase 72,84% dengan kategori efektif untuk meningkatkan kinerja guru SLB Tunarungu pada aspek: perencanaan pembelajaran sebesar 70,00%; pelaksanaan pembelajaran sebesar 63,33%; dan evaluasi hasil belajar sebesar 70,00%. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan kepada Pemerintah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, kepala SLB, dan guru-guru anak berkebutuhan khusus menjadikan anak didik sebagai pribadi mandiri dan berpendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.12 Pur p
Keywords: Model manajemen pelatihan mathernal replektif, Sensitivitas humanis, Kinerja guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:14
Last Modified: 19 Jun 2025 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62479

Actions (login required)

View Item
View Item