Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor (PSSM) di Kelas XII TBSM SMK SWASTA MANDIRI Tahun Ajaran 2022/2023

Hutabarat, Alven Star (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor (PSSM) di Kelas XII TBSM SMK SWASTA MANDIRI Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183122024_Cover.pdf] Text
5183122024_Cover.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 5183122024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183122024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of 5183122024_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183122024_Kata_Pengantar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 5183122024_Abstrak.pdf] Text
5183122024_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5183122024_Daftar_Isi.pdf] Text
5183122024_Daftar_Isi.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 5183122024_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183122024_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 5183122024_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183122024_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 5183122024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183122024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 5183122024_BAB_I.pdf] Text
5183122024_BAB_I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 5183122024_BAB_II.pdf] Text
5183122024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5183122024_BAB_III.pdf] Text
5183122024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[thumbnail of 5183122024_BAB_IV.pdf] Text
5183122024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[thumbnail of 5183122024_BAB_V.pdf] Text
5183122024_BAB_V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 5183122024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183122024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 5183122024_Lampiran.pdf] Text
5183122024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan proses pembelajaran menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih interaktif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan juga ditemukan bahwa hasil belajar siswa rendah sehingga perlunya dikembangkan suatu media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode yang digunakan untuk menciptakan multimedia pembelajar berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran sistem suspensi sepeda motor di kelas XII SMK; untuk menentukan apakah pendekatan multimedia pembelajaran yang dibuat berhasil; dan untuk menentukan seberapa efektif pendekatan multimedia pembelajaran yang dibuat untuk prosedur proses pengelasan. Penelitian ini melakukan penelitian dengan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman yang baik tentang penggunaan aplikasi Articulate Storyline dan model pengembangannya sangat penting untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pekerjaan dasar. Metode R&D ini menggunakan model ADDIE. Setelah melalui tahapan validasi dan revisi oleh ahli multimedia, ahli desain pembelajaran, dan ahli materi dalam penelitian ini, kelayakan pembelajaran multimedia berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran sistem pengapian sepeda motor adalah 89,40%, yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Selain itu, nilai N-Gainnya adalah 0,731, yang termasuk ke dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang telah dikembangkan memiliki efektifitas yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Multimedia Pembelajaran; Sistem Suspensi Sepeda Motor; Articulate Storyline
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 18 Jun 2025 09:19
Last Modified: 18 Jun 2025 09:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62473

Actions (login required)

View Item
View Item