Zunairah, Siti (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI TK HUMAIRA KUTACANE ACEH TENGGARA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098036 COVER.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
109098036 LEMBAR PERSETUJUAN - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109098036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
109098036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109098036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
109098036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109098036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109098036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109098036 BAB I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
109098036 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi.Peneliti membatasi masalah tersebut yaitu apakah dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun, dan yang menjadi tujuan masalah ini adalah upaya meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan model picture and picture di TK Humaira Kutacane Aceh Tenggara.Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (1). Kurangnya perasaan senang pada saat melakukan kegiatan. 2. Kurangnya perhatian guru saat proses belajar mengajar 3. Tidak tekun dalam mengerjakan tugas 4. Kurangnya perhatian anak saat belajar. 5. Anak belum puas dan bangga terhadap hasil belajar.Di rumah anak selalu mendapatkan apa yang diinginkan dari orang tua dan segala kebutuhannya selalu dilayani oleh orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat Meningkatkan minat belajar anak usia dini, usia 5-6 tahun di TK HUMAIRA Kutacane Aceh Tenggara.Hasil penelitian pada siklus I adalah Pada pertemuan 1 dari 20 anak dapat dan sangat berminat yang tampak anak yang tidak berminat 5 orang anak 5%, sedangkan kurang berminat 15 orang anak 75%. Pada pertemuan II pada siklus I maih tampak anak yang kurang berminat 16 orang anak 80% , sedangkan anak yang berminat 4 orang anak 20%.Pada siklus II dilakukan 2 kali pertemuan yang dilaksanakan penelitian dengan memperbaiki kesulitan yang dihadapi anak untuk meningkatkan perkembangan minat belajar anak dengan maksimal. Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang siknifikan, pada pertemuan 12 orang anak (60%) tergolong kurang berminat dan 8 orang anak (40%) tergolong berminat . Pada pertemuan II siklus II ada 11 anak (55%) tergolong berminat dan 8 orang anak (45%) berminat.Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II bahwa model picture and picture dapat meningkatkan minat belajar anak di TK HUMAIRA Kutacane Aceh Tenggara pada Usia 5-6 Tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.2 Zun u |
Keywords: | minat belajar; karakteristik minat; upaya meningkatkan minat; model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6245 |