Rangkuti, Nuraisah (2012) HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN PARTISIPASI GURU BIDANG STUDI DALAM KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121065_COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108121065_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
108121065_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108121065_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
108121065_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108121065_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
108121065_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
108121065_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
108121065_BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
108121065_BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
108121065_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah seharusnya berjalan sesuai yang tertera dalam program BK, dan dilaksanakan dengan bantuan atau partisipasi oleh personel sekolah lainnya, misalnya guru kelas, guru bidang studi, bahkan kepala sekolah itu sendiri, tanpa partisipasi guru-guru yang lainnya pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling kurang terlaksana. Walaupun guru berpartisipasi tapi masih timbul persepsi-persepsi positif dan negatif dari guru-guru yang lain termasuk guru bidang studi. Persepsi negatif inilah yang akan diluruskan sehingga persepsi guru bidang studi positif dan meningkatkan partisipasi guru bidang studi juga.Namun saat ini terlihat kurang terbinanya hubungan kerjasama antara guru bidang studi dengan guru bimbingan dan konseling dalam menghadapi masalah siswa, hal ini berdampak terhadap diri siswa itu sendiri, yakni siswa tidak menemukan seseorang yang tepat dalam membantu dirinya menyelesaikan masalahnya. Guru bimbingan dan konseling kurang mendapat partisipasi atau dukungan dari guru bidang studi sehingga setiap kali melayani anak didik yang sedang bermasalah, maka guru bimbingan dan konseling selalu merasa kesulitan. Ditambah lagi persepsi guru bidang studi yang negatif terhadap bimbingan dan konselingPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dengan partisipasi guru bidang studi dalam kegiatan bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Ajaran 2011/2012.Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru bidang studi SMP Negeri I Panyabungan Selatan yang berjumlah 35 orang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 30 orang guru bidang studi, yang diambil secara acak (random sampling).Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket. Data yang didapat dari informan/responden dianalisis dan dipaparkan berdasarkan dari sudut pandang peneliti. Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan rumus product moment.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi dan partisipasi guru bidang studi dengan layanan bimbingan konseling di sekolah, hal ini diketahui dari hasil perhitungan diperoleh harga rxy rtabel yaitu 0,841 0.361. Jadi hipotesa yang berbunyi : Ada hubungan yang positif antara persepsi dan partisipasi guru bidang studi dengan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri I Panyabungan Selatan Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 123521 |
Keywords: | Sekolah;Bidang Studi;Tenaga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6242 |