TEACHER’S STRATEGIES IN INVOLVING SHY STUDENTS IN SPEAKING ACTIVITIES IN GRADE 10 SMAN 12 MEDAN

Alkaf, Fahriza Ghozali (2023) TEACHER’S STRATEGIES IN INVOLVING SHY STUDENTS IN SPEAKING ACTIVITIES IN GRADE 10 SMAN 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193121019_Cover.pdf] Text
2193121019_Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 2193121019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193121019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 2193121019_Abstrak.pdf] Text
2193121019_Abstrak.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 2193121019_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193121019_Kata_Pengantar.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 2193121019_Daftar_Isi.pdf] Text
2193121019_Daftar_Isi.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 2193121019_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193121019_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 2193121019_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193121019_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 2193121019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193121019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 2193121019_BAB_I.pdf] Text
2193121019_BAB_I.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 2193121019_BAB_II.pdf] Text
2193121019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[thumbnail of 2193121019_BAB_III.pdf] Text
2193121019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of 2193121019_BAB_IV.pdf] Text
2193121019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[thumbnail of 2193121019_BAB_V.pdf] Text
2193121019_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 2193121019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193121019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 2193121019_Lampiran.pdf] Text
2193121019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai analisis strategi guru dalam melibatkan siswa pemalu dalam kegiatan berbicara di kelas 10 SMAN 12 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa yang memiliki kepribadian pemalu di kelas X-IPS 3 SMAN 12 Medan dan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru untuk melibatkan siswa pemalu dalam kegiatan berbicara di kelas X-IPS 3 SMAN 12 Medan. Desain penelitian penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian diambil dari observasi dan wawancara kepada seorang guru bahasa Inggris dengan menggunakan kamera perekam dan perekam suara. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah di kelas X-IPS 3 dari 30 siswa ditemukan 11 siswa pemalu, 8 siswa ditemukan mempunyai sifat berpikir khawatir, sedangkan 3 siswa bahkan mengalami kecemasan ketika berbicara di kelas. Alasan mereka merasa demikian adalah karena mereka takut akan penilaian negatif “FNE”, dimana mereka takut jika dihakimi oleh guru atau ditertawakan oleh teman lain saat berbicara di kelas. Dalam proses pembelajaran guru menerapkan beberapa strategi untuk melibatkan siswa terutama yang pemalu dalam kegiatan berbicara seperti strategi kerja berpasangan, strategi persiapan, strategi pengulangan, dan yang paling umum digunakan adalah strategi partisipasi wajib. Alasan mengapa guru paling banyak menggunakan strategi partisipasi wajib adalah karena guru ingin semua siswa, terutama yang pemalu, mempunyai kesempatan yang sama untuk berdiskusi, bertanya, dan menjawab pertanyaan selama pembelajaran di kelas tanpa ada hambatan dari mereka yang pemalu. kepribadian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Siswa Pemalu; Strategi Guru; Aktivitas Berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:24
Last Modified: 18 Jun 2025 02:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62385

Actions (login required)

View Item
View Item