Gita, Mega Rebeca (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Roundtable-Concept Sentence (Roundconsen) terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Siantar Narumonda. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2192411019_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_Cover.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 2192411019_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2192411019_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_Abstrak.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 2192411019_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_Kata_Pengantar.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 2192411019_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_Daftar_Isi.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 2192411019_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_Daftar_Tabel.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 2192411019_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_BAB_I.pdf
Download (403kB)
![[thumbnail of 2192411019_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (251kB)
![[thumbnail of 2192411019_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (333kB)
![[thumbnail of 2192411019_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (393kB)
![[thumbnail of 2192411019_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_BAB_V.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 2192411019_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 2192411019_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2192411019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (986kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Roundtable-Concept Sentence (Roundconsen) terhadap Kemampuan Menulis Teks
Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Siantar Narumonda. Populasi dalam
penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 277 orang. Sampel terdiri dari
70 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 35 orang dan
kelas eksperimen sebanyak 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen two group post-test only control design dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
essai. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan menulis teks biografi kelas X
SMA Negeri 1 Siantar Narumonda dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional masih belum memenuhi KKM yang ditentukan sekolah, hasil yang
didapat siswa dengan model konvensional yaitu dengan rata- rata 53,37 tergolong
kategori cukup. 2) Kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1
Siantar Narumonda dengan menggunakan model pembelajaran Roundtable-
Concept Sentence (Roundconsen) mendapat hasil yang meningkat dengan rata-rata
81,2 tergolong kategori baik. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh
nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=35, diperoleh ttabel = 4,346. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa thitung < ttabel yaitu, 1,017<2,045, sehingga hipotesis
nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan
bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Roundtable-
Concept Sentence (Roundconsen) terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa
kelas X SMA Negeri 1 Siantar Narumonda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Roundconsen; Menulis; Teks Biografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:59 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62275 |