Pengembangan Model Pembelajaran Experience Berbasis Kearifan Lokal Angkola dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar di Kota Padangsidimpuan

Lubis, Maulana Arafat (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Experience Berbasis Kearifan Lokal Angkola dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar di Kota Padangsidimpuan. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206184007_Cover.pdf] Text
8206184007_Cover.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 8206184007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206184007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206184007_Abstrak.pdf] Text
8206184007_Abstrak.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 8206184007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206184007_Kata_Pengantar.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 8206184007_Daftar_Isi.pdf] Text
8206184007_Daftar_Isi.pdf

Download (851kB)
[thumbnail of 8206184007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206184007_Daftar_Tabel.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 8206184007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206184007_Daftar_Gambar.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 8206184007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206184007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of 8206184007_BAB_I.pdf] Text
8206184007_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8206184007_BAB_V.pdf] Text
8206184007_BAB_V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8206184007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206184007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (7MB)

Abstract

Berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa sekolah dasar di era abad 21. Atas dasar itu, seorang guru harus mampu mewujudkan proses pembelajaran yang bisa meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran Experience berbasis kearifan lokal Angkola (EBA) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang valid, praktis, serta efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD di Kota Padangsidimpuan. Riset ini menggunakan metode penelitian research and development dengan menerapkan model pengembangan Plomp yang tahapannya terdiri dari investigasi awal, desain, realisasi, tes, evaluasi, dan revisi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 200212, SD Negeri 200205, dan SD Negeri 200406 Padangsidimpuan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Pengumpulan datanya ialah observasi, tes, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain dan produk model pembelajaran EBA adalah valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran PPKn. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang bisa meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menerapkan model pembelajaran EBA pada mata pelajaran lainnya untuk meninjau dampak berpikir kritisnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.83 Lub p
Keywords: Kearifan Lokal Angkola, Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Experience, Pembelajaran PPKn SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 06:00
Last Modified: 07 May 2025 06:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62188

Actions (login required)

View Item
View Item