Pengembangan Model Pembelajaran POMP2E Untuk meningkatkan Kemampuan Vokal Group Siswa SMP

Wisudarni, Venny Ribka (2024) Pengembangan Model Pembelajaran POMP2E Untuk meningkatkan Kemampuan Vokal Group Siswa SMP. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196125001_Cover.pdf] Text
8196125001_Cover.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 8196125001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196125001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196125001_Abstrak.pdf] Text
8196125001_Abstrak.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of 8196125001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196125001_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196125001_Daftar_Isi.pdf] Text
8196125001_Daftar_Isi.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 8196125001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196125001_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196125001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196125001_Daftar_Gambar.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 8196125001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196125001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 8196125001_BAB_I.pdf] Text
8196125001_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 8196125001_BAB_V.pdf] Text
8196125001_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8196125001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196125001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kevalidan/layak, kepraktisan, dan efektif pengembangan model pembelajaran POMP2E dalam meningkatkan kemampuan vokal grup siswa SMP. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan model model POMP2E mengacu pada model pengembangan Gall, Gall & Borg yang diadaptasi dari model Dick, Carey & Carey yang terdiri dari 2 (dua) tahap yaitu tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Tahap pra-pengembangan meliputi analisis kebutuhan, analisis kebutuhan siswa, analisis kebutuhan guru, pengelolaan pembelajaran. Tahap pengembangan meliputi uji kelayakan (validasi) dan uji coba subjek. Tahap uji keefektifan produk yaitu menghasilkan produk yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Lokasi uji coba pengembangan yaitu SMP Negeri 1 Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. Hasil penelitian yaitu penilaian atau pengukuran kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yang dilakukan oleh ahli terhadap model pembelajaran serta produk perangkat pendukung berupa buku model, buku ajar, RPP, buku pedoman guru, buku pedoman siswa, dan evaluasi hasil pembelajaran yang digunakan pada model pembelajaran POMP2E secara keseluruhan disimpulkan dengan kategori/kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada pelaksanaan pembelajaran vokal group siswa SMP. Penilaian atau pengukuran kelayakan yang dilakukan oleh ahli terhadap model pembelajaran serta produk perangkat pendukung berupa buku model, buku ajar, RPP, buku pedoman guru, buku pedoman siswa, dan evaluasi hasil pembelajaran yang digunakan pada model pembelajaran POMP2E secara keseluruhan disimpulkan dengan kategori/kriteria sangat layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan vokal group siswa SMP. Hasil uji kepraktisan melalui uji coba kelompok kecil, kelompok besar yang dilakukan kepada beberapa orang guru dan siswa terhadap model pembelajaran POMP2E serta produk pendukung yang dikembangkan dikemukakan hasil keseluruhan disimpulkan dengan kategori sangat praktis digunakan untuk kemampuan vokal group siswa SMP. Hasil uji keefektifan produk melalui hasil kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa diperoleh harga N-Gain dengan kategori tinggi dengan persentase cukup efektif dan efektif yang berarti bahwa ada perbedaan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik vokal group siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan produk model pembelajaran POMP2E pada pembelajaran vokal group siswa SMP.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372 Wis p
Keywords: Model Pembelajaran, Pengembangan, Kemampuan Vokal Group
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 02:33
Last Modified: 07 May 2025 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62179

Actions (login required)

View Item
View Item