Siregar, Sry Laila Angelina (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis RME Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8196172011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_Cover.pdf
Download (307kB)
![[thumbnail of 8196172011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8196172011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_Abstrak.pdf
Download (752kB)
![[thumbnail of 8196172011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_Kata_Pengantar.pdf
Download (583kB)
![[thumbnail of 8196172011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_Daftar_Isi.pdf
Download (846kB)
![[thumbnail of 8196172011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_Daftar_Tabel.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of 8196172011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_Daftar_Gambar.pdf
Download (299kB)
![[thumbnail of 8196172011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_BAB_I.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 8196172011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_BAB_V.pdf
Download (856kB)
![[thumbnail of 8196172011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8196172011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis RME berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan, 2) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis RME berbantuan Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis RME berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan. Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba I pada uji coba I terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,55 dengan kriteria sedang (0,3 < g ≤ 0,7). Begitu juga pada uji coba II terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,62 dengan kriteria sedang (0,3 < � ≤ 0,7); 2) Terdapat peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis RME berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis angket self-efficacy siswa pada uji coba I dan uji coba II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan self-efficacy siswa. Pada uji coba I menunjukkan bahwa rata-rata self efficacy siswa adalah sebesar 81,77 dengan simpangan baku 8,31, kemudian pada uji coba II menunjukkan bahwa rata-rata self-efficacy siswa adalah sebesar 101,73 dengan simpangan baku 9,76; 3) Bahan ajar berbasis RME berbantuan macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sir p |
Keywords: | Bahan Ajar, Macromediaflash, Pemecahan Masalah, Self-Efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:02 |
Last Modified: | 07 May 2025 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62177 |