Pengembangan Bahan Ajar Berbasis RME Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Siregar, Sry Laila Angelina (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis RME Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196172011_Cover.pdf] Text
8196172011_Cover.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 8196172011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196172011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196172011_Abstrak.pdf] Text
8196172011_Abstrak.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of 8196172011_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196172011_Kata_Pengantar.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of 8196172011_Daftar_Isi.pdf] Text
8196172011_Daftar_Isi.pdf

Download (846kB)
[thumbnail of 8196172011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196172011_Daftar_Tabel.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 8196172011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196172011_Daftar_Gambar.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 8196172011_BAB_I.pdf] Text
8196172011_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8196172011_BAB_V.pdf] Text
8196172011_BAB_V.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of 8196172011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196172011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis RME berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan, 2) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis RME berbantuan Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis RME berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan. Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba I pada uji coba I terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,55 dengan kriteria sedang (0,3 < g ≤ 0,7). Begitu juga pada uji coba II terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,62 dengan kriteria sedang (0,3 < � ≤ 0,7); 2) Terdapat peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis RME berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis angket self-efficacy siswa pada uji coba I dan uji coba II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan self-efficacy siswa. Pada uji coba I menunjukkan bahwa rata-rata self efficacy siswa adalah sebesar 81,77 dengan simpangan baku 8,31, kemudian pada uji coba II menunjukkan bahwa rata-rata self-efficacy siswa adalah sebesar 101,73 dengan simpangan baku 9,76; 3) Bahan ajar berbasis RME berbantuan macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sir p
Keywords: Bahan Ajar, Macromediaflash, Pemecahan Masalah, Self-Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 02:02
Last Modified: 07 May 2025 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62177

Actions (login required)

View Item
View Item