Sekolah Berbudaya sebagai Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila: Hasil Pengabdian Masyarakat di SD Negeri 104257 Sekip

Lubis, Wildansyah and Ananda, Lala Jelita and Faisal (2024) Sekolah Berbudaya sebagai Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila: Hasil Pengabdian Masyarakat di SD Negeri 104257 Sekip. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan Tahun 2024, 12 Desember 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (687kB)

Abstract

upaya pengembangan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 104257 Sekip, Kabupaten Deli Serdang, melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Melalui pendekatan ini, kegiatan PKM bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam konteks pendidikan SD dengan memperkenalkan dan menerapkan konsep sekolah berbudaya yang melibatkan buku pembelajaran inovatif, alat peraga edukatif, dan poster terkait. Penelitian ini mengevaluasi keberhasilan program berdasarkan respon peserta terhadap materi pendampingan, penguasaan narasumber, dan penerapan alat serta media pembelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan sekolah berbudaya secara signifikan meningkatkan pemahaman dan aplikasi Profil Pelajar Pancasila, serta mendapatkan respon positif dari peserta, dengan capaian kategori sangat baik pada aspek-aspek evaluasi yang dilakukan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Sekolah Berbudaya, Profil Pelajar Pancasila, SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2025 02:01
Last Modified: 05 May 2025 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62161

Actions (login required)

View Item
View Item