Pengembangan Buku Ajar Berbasis Eksperimen pada Materi Fisika Kelas VII Semester Ganjil

Rezeki, Nanda Julfa (2024) Pengembangan Buku Ajar Berbasis Eksperimen pada Materi Fisika Kelas VII Semester Ganjil. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226176005_Cover.pdf] Text
8226176005_Cover.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8226176005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226176005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226176005_Abstrak.pdf] Text
8226176005_Abstrak.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of 8226176005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226176005_Kata_Pengantar.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of 8226176005_Daftar_Isi.pdf] Text
8226176005_Daftar_Isi.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of 8226176005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226176005_Daftar_Tabel.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 8226176005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226176005_Daftar_Gambar.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 8226176005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226176005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 8226176005_BAB_I.pdf] Text
8226176005_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226176005_BAB_V.pdf] Text
8226176005_BAB_V.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of 8226176005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226176005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas, efektivitas dan kepraktisan buku ajar berbasis eksperimen pada materi fisika Kelas VII semester ganjil. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VII di UPTD SMP Negeri 5 Kisaran. Data penelitian diperoleh melalui uji validitas, uji efektivitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan uji validitas diperoleh hasil yaitu, pada uji validitas ahli materi mendapatkan skor 92,94% dan pada ahli media sebesar 94,19% yang artinya buku ajar valid dan berada pada kategori sangat baik, pada uji efektivitas didapatkan hasil skor N-Gain 0,75 atau secara persentase 75% yang artinya buku dapat meningkatkan keterampilan kinerja siswa pada kriteria sedang atau cukup efektif, pada uji kepraktisan didapatkan skor persentase sebesar 87,5% yang menunjukkan tingkat kepraktisan buku ajar berbasis eksperimen berada pada kategori sangat layak/ sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis eksperimen telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fisika Kelas VII di UPTD SMP Negeri 5 Kisaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Rez p
Keywords: Buku Ajar, Eksperimen, Model ADDIE , Penelitian Pengembangan (R&D).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2025 09:24
Last Modified: 30 Apr 2025 09:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62145

Actions (login required)

View Item
View Item