Rezeki, Nanda Julfa (2024) Pengembangan Buku Ajar Berbasis Eksperimen pada Materi Fisika Kelas VII Semester Ganjil. Masters thesis, UNIMED.
8226176005_Cover.pdf
Download (314kB)
8226176005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8226176005_Abstrak.pdf
Download (746kB)
8226176005_Kata_Pengantar.pdf
Download (941kB)
8226176005_Daftar_Isi.pdf
Download (941kB)
8226176005_Daftar_Tabel.pdf
Download (476kB)
8226176005_Daftar_Gambar.pdf
Download (475kB)
8226176005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (476kB)
8226176005_BAB_I.pdf
Download (2MB)
8226176005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226176005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226176005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8226176005_BAB_V.pdf
Download (847kB)
8226176005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
8226176005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas, efektivitas dan kepraktisan buku ajar berbasis eksperimen pada materi fisika Kelas VII semester ganjil. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VII di UPTD SMP Negeri 5 Kisaran. Data penelitian diperoleh melalui uji validitas, uji efektivitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan uji validitas diperoleh hasil yaitu, pada uji validitas ahli materi mendapatkan skor 92,94% dan pada ahli media sebesar 94,19% yang artinya buku ajar valid dan berada pada kategori sangat baik, pada uji efektivitas didapatkan hasil skor N-Gain 0,75 atau secara persentase 75% yang artinya buku dapat meningkatkan keterampilan kinerja siswa pada kriteria sedang atau cukup efektif, pada uji kepraktisan didapatkan skor persentase sebesar 87,5% yang menunjukkan tingkat kepraktisan buku ajar berbasis eksperimen berada pada kategori sangat layak/ sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis eksperimen telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fisika Kelas VII di UPTD SMP Negeri 5 Kisaran.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 530.72 Rez p |
| Keywords: | Buku Ajar, Eksperimen, Model ADDIE , Penelitian Pengembangan (R&D). |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 30 Apr 2025 09:24 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 03:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62145 |
