Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan STEM Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreatifitas Siswa Pada Materi Fisika di SMA Negeri 18 Medan

Sari, Teti Dian (2024) Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan STEM Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreatifitas Siswa Pada Materi Fisika di SMA Negeri 18 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226175003_Cover.pdf] Text
8226175003_Cover.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 8226175003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226175003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226175003_Abstrak.pdf] Text
8226175003_Abstrak.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226175003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226175003_Kata_Pengantar.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of 8226175003_Daftar_Isi.pdf] Text
8226175003_Daftar_Isi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226175003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226175003_Daftar_Tabel.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226175003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226175003_Daftar_Gambar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226175003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226175003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226175003_BAB_I.pdf] Text
8226175003_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8226175003_BAB_V.pdf] Text
8226175003_BAB_V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226175003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226175003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan meningkatkan kreatifitas siswa melalui pendekatan STEM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) mengacu pada langkah-langkah Dick and Carey proses. Instrumen penelitian ini meliputi lembar wawancara, angket, lembar observasi, tes, dan lembar uji validasi. Uji coba terbatas menggunakan lembar observasi, tes dan validasi prototipe. Ujicoba pemakaian dilakukan dengan menggunakan angket tanggapan dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 18 Medan Kelas XI. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: bahan ajar dengan pendekatan STEM pada materi optik dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan rata-rata nilai gain yang di dapat sebesar 0,79 termasuk dalam kriteria tinggi dan berbanding lurus juga dengan uji validasi dari materi dan media yang bernilai tinggi yaitu 83,65% dan 83,80%. Bahan ajar dengan pendekatan STEM pada materi optik dapat meningkatkan kreatifitas siswa mulai dari aspek kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality). Bahan ajar pendekatan STEM pada sub materi pembuatan teropong sederhana lebih unggul dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. Nilai indikator science, engineering, mathematics pada pemahaman konsep siswa adalah 87,7%; 83,6%; 84,3% dan kreativitas siswa adalah 83,7%; 82,9%; 82,6%. Sedangkan pada indikator technology didapat persentase kreativitas siswa 86,3% dan pemahaman konsep siswa 84,3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sar p
Keywords: STEM, Pemahaman Konsep, Kreatifitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2025 09:04
Last Modified: 30 Apr 2025 09:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62144

Actions (login required)

View Item
View Item