Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika

Sitompul, Amelia (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226176004_Cover.pdf] Text
8226176004_Cover.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226176004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226176004_Abstrak.pdf] Text
8226176004_Abstrak.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226176004_Kata_Pengantar.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176004_Daftar_Isi.pdf] Text
8226176004_Daftar_Isi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226176004_Daftar_Tabel.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226176004_Daftar_Gambar.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226176004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176004_BAB_I.pdf] Text
8226176004_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226176004_BAB_V.pdf] Text
8226176004_BAB_V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226176004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226176004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas, efektivitas dan kepraktisan bahan ajar berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian R&D (Research and development) dengan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa – siswi kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Kota Pinang. Data penelitian ini diperoleh berdasarkan uji validitas, uji efektivitas, dan uji kepraktisan. Berdasarkan uji validitas diperoleh hasil yaitu, pada uji validitas ahli materi mendapatkan skor 88% dan pada ahli media sebesar 93% yang artinya bahan ajar valid dan berada pada kategori sangat layak. Pada uji efektivitas didapatkan hasil berdasarkan respon guru dan siswa dengan nilai rata – rata 88% artinya nilai tersebut menunjukkan tingkat keefektivan bahan ajar berbasis PBL pada kategori sangat efektif. Pada uji kepraktisan didapatkan skor persentase sebesar 84% dimana dengan nilai tersebut menunjukkan tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis PBL berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis PBL telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sit p
Keywords: Pengembangan , Bahan Ajar, Problem Based Learning (PBL), Model ADDIE, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:03
Last Modified: 30 Apr 2025 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62134

Actions (login required)

View Item
View Item