Pengembangan Ensiklopedia Bioteknologi Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Unimed

Agustiani, Sri (2024) Pengembangan Ensiklopedia Bioteknologi Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Unimed. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216173003_Cover.pdf] Text
8216173003_Cover.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of 8216173003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216173003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 8216173003_Abstrak.pdf] Text
8216173003_Abstrak.pdf

Download (840kB)
[thumbnail of 8216173003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216173003_Kata_Pengantar.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 8216173003_Daftar_Isi.pdf] Text
8216173003_Daftar_Isi.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of 8216173003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216173003_Daftar_Tabel.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 8216173003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216173003_Daftar_Gambar.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 8216173003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216173003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of 8216173003_BAB_I.pdf] Text
8216173003_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216173003_BAB_V.pdf] Text
8216173003_BAB_V.pdf

Download (839kB)
[thumbnail of 8216173003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216173003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Ensiklopedia Bioteknologi berbasis literasi sains sebagai sumber belajar mahasiswa mata kuliah Bioteknologi menurut ahli materi, ahli desain, ahli pembelajaran dan keefektifan buku ensiklopedia Bioteknologi berbasis literasi sains. Pengembangan buku ensiklopedia menggunakan model desain ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Sampel untuk penelitian ini diambil secara simple random sampling dengan cara undian sebanyak 56 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket kebutuhan, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor penilaian kelayakan dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dari ahli materi sebesar 72% kategori baik tetapi perlu revisi kecil, ahli desain sebesar 86% kategori sangat baik tetapi perlu revisi kecil, ahli pembelajaran sebesar 94% kategori sangat baik tetapi perlu revisi kecil, tanggapan dosen sebesar 85,5% kategori sangat baik tetapi perlu revisi kecil dan tanggapan mahasiswa sebesar 87% kategori sangat baik tanpa revisi. Hasil uji t yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 9,344 > 2,002 dengan signifikan α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (nyata) kemampuan literasi sains mahasiswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang menandakan bahwa ensiklopedia Bioteknologi berbasis literasi sains memberikan pengaruh yang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.72 Agu p
Keywords: Pengembangan Buku Ensiklopedia, Bioteknologi, Kemampuan Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:01
Last Modified: 29 Apr 2025 09:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62133

Actions (login required)

View Item
View Item