Pengembangan E-Booklet Mikrobiologi Pangan Berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi FMIPA UNIMED

Dalimunthe, Rizka Ramadani (2024) Pengembangan E-Booklet Mikrobiologi Pangan Berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi FMIPA UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226173001_Cover.pdf] Text
8226173001_Cover.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 8226173001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226173001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226173001_Abstrak.pdf] Text
8226173001_Abstrak.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of 8226173001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226173001_Kata_Pengantar.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of 8226173001_Daftar_Isi.pdf] Text
8226173001_Daftar_Isi.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of 8226173001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226173001_Daftar_Tabel.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 8226173001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226173001_Daftar_Gambar.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 8226173001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226173001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 8226173001_BAB_I.pdf] Text
8226173001_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226173001_BAB_V.pdf] Text
8226173001_BAB_V.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of 8226173001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226173001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa Biologi dengan nilai 62,38 akibat minimnya media dan bahan ajar mikrobiologi pangan serta perkuliahan yang pasif, sehingga diperlukan pengembangan E-booklet sebagai bahan ajar pendukung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan materi, desain pembelajaran dan layout E-booklet. Mengetahui kepraktisan juga efektivitas E booklet mikrobiologi pangan berbasis STEAM. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini menggunakan desain uji coba tipe One Group Pretes Posttest. Hasil uji kelayakan dari validator ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 79% (layak), ahli desain pembelajaran 93% (sangat layak) dan ahli layout 92% (sangat layak). Kepraktisan E-booklet dinilai dari tanggapan dosen pengampu mata kuliah yang memperoleh persentase rata-rata sebesar 88% (sangat baik) dan mahasiswa 93% (sangat baik). Efektivitas E-booklet diukur dengan kegiatan pretes dan postes menggunakan instrumen tes berupa 20 soal isian yang valid dan reliabel (r11 = 0,905). Hasil pretes memperoleh nilai rata-rata 49,52 yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa rendah, sedangkan hasil postes memperoleh nilai 76,44 yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa tergolong tinggi. Dengan demikian, hasil uji t memperoleh nilai Sig. (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Uji N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,54 yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 579.072 Dal p
Keywords: Berpikir kritis, E-booklet, mikrobiologi pangan, STEAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Apr 2025 08:06
Last Modified: 29 Apr 2025 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62131

Actions (login required)

View Item
View Item