Studi Ekoliterasi Tentang Danau Toba Pada Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Toba

Pardede, Lastiar H. (2024) Studi Ekoliterasi Tentang Danau Toba Pada Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Toba. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226174005_Cover.pdf] Text
8226174005_Cover.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 8226174005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226174005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226174005_Abstrak.pdf] Text
8226174005_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8226174005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226174005_Kata_Pengantar.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of 8226174005_Daftar_Isi.pdf] Text
8226174005_Daftar_Isi.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 8226174005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226174005_Daftar_Tabel.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 8226174005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226174005_Daftar_Gambar.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 8226174005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226174005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 8226174005_BAB_I.pdf] Text
8226174005_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226174005_BAB_V.pdf] Text
8226174005_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226174005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226174005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menanggapi kondisi ekosistem Danau Toba yang semakin kritis dari waktu ke waktu termasuk di daerah Kabupaten Toba, maka penelitian terkait ekoliterasi perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan ekoliterasi peserta didik tingkat SMA se-Kabupaten Toba terkait Danau Toba; (2) perbedaan kemampuan ekoliterasi peserta didik antar SMA se-Kabupaten Toba; (3) hubungan antara aspek kognitif, sikap dan perilaku dengan kemampuan ekoliterasi peserta didik tingkat SMA se-Kabupaten Toba; (4) kesesuaian kurikulum tingkat SMA se-Kabupaten Toba dengan komponen aspek kognitif ekoliterasi tentang Danau Toba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, penyebaran angket, kegiatan FGD, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan ekoliterasi peserta didik berada pada kategori ”sedang” dengan X ̅ = 68,69 dari skor maksimum 100 (2) terdapat perbedaan yang sangat signifikan terkait kemampuan ekoliterasi peserta didik diantara beberapa sekolah; (3) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara aspek kognitif, afektif dan behavior dengan kemampuan ekoliterasi secara keseluruhan; (4) komponen indikator penilaian kompetensi yang dimuat pada perangkat pembelajaran di SMA se-Kabupaten Toba belum sesuai dengan komponen indikator penilaian aspek kognitif ekoliterasi tentang Danau Toba.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Par s
Keywords: Danau Toba, Ekoliterasi, Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:08
Last Modified: 29 Apr 2025 02:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62119

Actions (login required)

View Item
View Item