Aryani, Widya (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA VIDEO POWTOON TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203331028_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331028_Cover.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 4203331028_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 4203331028_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331028_Abstrak.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of 4203331028_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331028_Kata_Pengantar.pdf
Download (511kB)
![[thumbnail of 4203331028_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331028_Daftar_Isi.pdf
Download (561kB)
![[thumbnail of 4203331028_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331028_BAB_I.pdf
Download (311kB)
![[thumbnail of 4203331028_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331028_BAB_V.pdf
Download (286kB)
![[thumbnail of 4203331028_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (348kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Powtoon terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Periodik Unsur. Desain penelitian ini menggunakan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMAS Dharmawangsa Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas XI MIA 7 sebagai eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa observasi aktivitas belajar. Hasil uji t pihak kanan diperoleh bahwa thitung > ttabel = 3,6186 > 1,6723, maka Ha dierima yang berarti hasil belajar siswa yang yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan Media Video Powtoon lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan Media Powerpoint pada materi Sistem Periodik Unsur. Data aktivitas
belajar menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 1,8078 > 1,6723, maka Ha diterima yang berarti aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model PBL berbantuan Media Video Powtoon lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan Media Powerpoint pada materi Sistem Periodik Unsur, dan hasil uji korelasi menununjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel = 0,738 > 0,361, Ha dierima yang berarti ada korelasi yang signifikan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PBL berbantuan Media Video Powtoon
pada materi Sistem Periodik Unsur dengan koefisien determinasi sebesar 54%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546.8 Ary p |
Keywords: | Problem based learning; Powtoon; Sistem periodik unsur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:05 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 05:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62116 |