Model Pembelajaran Motoric Melalui Permainan Tradisional Berbasis Circuit Untuk Siswa Sekolah Dasar

Pane, Arfan Hakim (2024) Model Pembelajaran Motoric Melalui Permainan Tradisional Berbasis Circuit Untuk Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206117001_Cover.pdf] Text
8206117001_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 8206117001_Abstrak.pdf] Text
8206117001_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 8206117001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206117001_Kata_Pengantar.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 8206117001_Daftar_Isi.pdf] Text
8206117001_Daftar_Isi.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8206117001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206117001_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8206117001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206117001_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8206117001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206117001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 8206117001_BAB_I.pdf] Text
8206117001_BAB_I.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of 8206117001_BAB_V.pdf] Text
8206117001_BAB_V.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 8206117001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206117001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa buku tentang model pembelajaran motoric melalui permainan tradisional berbasis circuit. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101776 Sampali dan SD Negeri 101775 Sampali. Dalam penelitian ini menggunakan model R&D menurut (Borg and Gall). Metode ini adalah metode pengembangan dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket instrumen penelitian dan teknik analisis data berbentuk presentase. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa pada uji coba skla kecil dan 50 siswa pada uji coba skla besar. Produk pada penelitian ini telah di desain kemudian di validasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli permainan tradisional dan ahli penjas. Hasil uji coba kelompok kecil oleh 25 siswa diperoleh persentase skor empiris dengan total 82,53% (Valid atau layak) maka dapat dinyatakan bahwa produk Model Pembelajaran Motoric Melalui Permainan Tradisional Berbasis circuit layak digunakan untuk Siswa Sekolah Dasar. Pada revisi ahli di uji coba kelompok kecil di peroleh 81,85% (valid). Walau sudah valid ahli masih memberikan revisi terkait model pembelajaran motoric melalui permainan tradisional berbasis circuit untuk perbaikan. Pada uji coba kelompok besar dari 50 siswa diperoleh persentase skor empiris dengan total 92.33% dalam kategori (valid atau layak) dan revisi ahli di uji coba kelompok besar dengan total 92.97% (valid). Selanjutnya uji efektivitas dengan menggunakan N-Gain Tes dari 30 siswa yang diujicobakan memiliki efek yang sedang terhadap gerak lokomotor 76,67% (efektif.). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan model pembelajaran motoric melalui permainan tradisional berbasis circuit layak dan efektik untuk meningkatkan kemampuan lokomotor siswa sekolah dasar, dan direkomendasikan agar guru dapat mengimplementasikan pembelajaran motoric melalui permainan tradisional berbasis circuit sebagai refrensi untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 793.407 2 Pan m
Keywords: Model, Pembelajaran, Permainan Tradisional, Circuit
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Apr 2025 01:27
Last Modified: 25 Apr 2025 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62101

Actions (login required)

View Item
View Item