Pengembangan Video Pembelajaran Daerahku Kebangganku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 106164 Sambirejo

Maisyaroh (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Daerahku Kebangganku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 106164 Sambirejo. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181001_Cover.pdf] Text
8226181001_Cover.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226181001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226181001_Abstrak.pdf] Text
8226181001_Abstrak.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226181001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181001_Kata_Pengantar.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 8226181001_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181001_Daftar_Isi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226181001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181001_Daftar_Tabel.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226181001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181001_Daftar_Gambar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226181001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226181001_BAB_I.pdf] Text
8226181001_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226181001_BAB_VI.pdf] Text
8226181001_BAB_VI.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226181001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan video pembelajaran pada pembelajaran daerahku kebangganku kelas V SDN 106104 Sambirejo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap Define (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 106104 Sambirejo sebanyak 24 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian video pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 95,38% kriteria sangat valid. Hasil validator ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 94% kriteria sangat valid. Hasil validator ahli bahasa memperoleh persentase kelayakan sebesar 90,76% kriteria sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase kepraktisan sebesar 88.50% kriteria sangat praktis. Hasil uji coba lapangan persentase kepraktisan sebesar 91,57% kriteria sangat praktis. Pada tahap uji coba lapangan keefektifan tercapai dengan 100% secara klasikal, dengan hasil gain score sebesar 0,615 diklasifikasikan dalam kriteria efektivitas sedang. Persentase peningkatan hasil belajar sebesar 92%, artinya video pembelajaran dapat efektif digunakan dalam proses pembelajaran daerahku kebangganku di kelas V SDN 106104 Sambirejo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Mai p
Keywords: Video Pembelajaran, 4-D, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Apr 2025 09:08
Last Modified: 23 Apr 2025 09:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62095

Actions (login required)

View Item
View Item