Maisyaroh (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Daerahku Kebangganku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 106164 Sambirejo. Masters thesis, UNIMED.
8226181001_Cover.pdf
Download (3MB)
8226181001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
8226181001_Abstrak.pdf
Download (6MB)
8226181001_Kata_Pengantar.pdf
Download (275kB)
8226181001_Daftar_Isi.pdf
Download (3MB)
8226181001_Daftar_Tabel.pdf
Download (3MB)
8226181001_Daftar_Gambar.pdf
Download (3MB)
8226181001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (3MB)
8226181001_BAB_I.pdf
Download (6MB)
8226181001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
8226181001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
8226181001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
8226181001_BAB_V.pdf
Download (3MB)
8226181001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
8226181001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan video pembelajaran pada pembelajaran daerahku kebangganku kelas V SDN 106104 Sambirejo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap Define (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 106104 Sambirejo sebanyak 24 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian video pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 95,38% kriteria sangat valid. Hasil validator ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 94% kriteria sangat valid. Hasil validator ahli bahasa memperoleh persentase kelayakan sebesar 90,76% kriteria sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase kepraktisan sebesar 88.50% kriteria sangat praktis. Hasil uji coba lapangan persentase kepraktisan sebesar 91,57% kriteria sangat praktis. Pada tahap uji coba lapangan keefektifan tercapai dengan 100% secara klasikal, dengan hasil gain score sebesar 0,615 diklasifikasikan dalam kriteria efektivitas sedang. Persentase peningkatan hasil belajar sebesar 92%, artinya video pembelajaran dapat efektif digunakan dalam proses pembelajaran daerahku kebangganku di kelas V SDN 106104 Sambirejo.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.8 Mai p |
| Keywords: | Video Pembelajaran, 4-D, Hasil Belajar. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 23 Apr 2025 09:08 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 10:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62095 |
