Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi dalam Materi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva pada Siswa SMP Bangun Insan Mandiri T.A. 2023/2024

Gesima, Putri Septia (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi dalam Materi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva pada Siswa SMP Bangun Insan Mandiri T.A. 2023/2024. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206192009_Cover.pdf] Text
8206192009_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 8206192009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206192009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206192009_Abstrak.pdf] Text
8206192009_Abstrak.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8206192009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206192009_Kata_Pengantar.pdf

Download (929kB)
[thumbnail of 8206192009_Daftar_Isi.pdf] Text
8206192009_Daftar_Isi.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 8206192009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206192009_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 8206192009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206192009_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 8206192009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206192009_Daftar_Gambar.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 8206192009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206192009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8206192009_BAB_I.pdf] Text
8206192009_BAB_I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 8206192009_BAB_V.pdf] Text
8206192009_BAB_V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 8206192009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206192009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengamati proses pengembangan bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan aplikasi Canva untuk siswa SMP Bangun Insan Mandiri di Medan, (2) mengevaluasi kelayakan bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan aplikasi Canva untuk siswa SMP Bangun Insan Mandiri di Medan, (3) mengukur keefektifan bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan menggunakan aplikasi Canva untuk siswa SMP Bangun Insan Mandiri di Medan. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan tes berbentuk uraian mengenai teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan bahan ajar melalui 10 tahapan, mulai dari identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba awal produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, hingga produksi masal. (2) kelayakan bahan ajar dinilai dari validasi materi dan desain. Aspek materi mencakup kelayakan isi/materi, penyajian, bahasa, dan kesesuaian tema teks eksplanasi dengan Canva yang rata-rata nilainya mencapai 93,18% yang tergolong "sangat baik". Sedangkan untuk aspek desain, mencapai 99,07% yang tergolong "sangat baik". Berdasarkan penilaian dari guru bahasa Indonesia, rata-rata nilai mencapai 98,52% yang tergolong "sangat baik". Ujiperorangan memperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 98,46% yang tergolong "sangat baik". Uji kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 98,48% yang tergolong "sangat baik". Terakhir, uji lapangan terbatas menunjukkan rata-rata persentase nilai sebesar 95,96% yang tergolong "sangat baik". Berdasarkan seluruh data, bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan menggunakan aplikasi Canva dinilai efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.72 Ges p
Keywords: Berdiferensiasi, Canva, Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Apr 2025 05:50
Last Modified: 23 Apr 2025 05:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62093

Actions (login required)

View Item
View Item