Gesima, Putri Septia (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi dalam Materi Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva pada Siswa SMP Bangun Insan Mandiri T.A. 2023/2024. Masters thesis, UNIMED.
8206192009_Cover.pdf
Download (63kB)
8206192009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8206192009_Abstrak.pdf
Download (175kB)
8206192009_Kata_Pengantar.pdf
Download (929kB)
8206192009_Daftar_Isi.pdf
Download (167kB)
8206192009_Daftar_Tabel.pdf
Download (84kB)
8206192009_Daftar_Tabel.pdf
Download (84kB)
8206192009_Daftar_Gambar.pdf
Download (73kB)
8206192009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
8206192009_BAB_I.pdf
Download (322kB)
8206192009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206192009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (784kB)
8206192009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206192009_BAB_V.pdf
Download (146kB)
8206192009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (272kB)
8206192009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengamati proses pengembangan bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan aplikasi Canva untuk siswa SMP Bangun Insan Mandiri di Medan, (2) mengevaluasi kelayakan bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan aplikasi Canva untuk siswa SMP Bangun Insan Mandiri di Medan, (3) mengukur keefektifan bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan menggunakan aplikasi Canva untuk siswa SMP Bangun Insan Mandiri di Medan. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan tes berbentuk uraian mengenai teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan bahan ajar melalui 10 tahapan, mulai dari identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba awal produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, hingga produksi masal. (2) kelayakan bahan ajar dinilai dari validasi materi dan desain. Aspek materi mencakup kelayakan isi/materi, penyajian, bahasa, dan kesesuaian tema teks eksplanasi dengan Canva yang rata-rata nilainya mencapai 93,18% yang tergolong "sangat baik". Sedangkan untuk aspek desain, mencapai 99,07% yang tergolong "sangat baik". Berdasarkan penilaian dari guru bahasa Indonesia, rata-rata nilai mencapai 98,52% yang tergolong "sangat baik". Ujiperorangan memperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 98,46% yang tergolong "sangat baik". Uji kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 98,48% yang tergolong "sangat baik". Terakhir, uji lapangan terbatas menunjukkan rata-rata persentase nilai sebesar 95,96% yang tergolong "sangat baik". Berdasarkan seluruh data, bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan menggunakan aplikasi Canva dinilai efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 410.72 Ges p |
| Keywords: | Berdiferensiasi, Canva, Teks Eksplanasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 23 Apr 2025 05:50 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 02:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62093 |
