MENGATASI TANTANGAN LITERASI LINGKUNGAN SEKOLAH DI DAERAH 3T (NIAS)

Siregar, Tiur Malasari and Elfitra and Kartono, Gamal and Lubis, Fitriani and Khairani, Nerli and Frisnoiry, Suci (2024) MENGATASI TANTANGAN LITERASI LINGKUNGAN SEKOLAH DI DAERAH 3T (NIAS). In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan Tahun 2024, 12 Desember 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (609kB)

Abstract

Daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) seperti Nias menghadapi banyak tantangan dalam pendidikan, khususnya literasi lingkungan. Literasi lingkungan, yang mencakup pemahaman tentang isu-isu lingkungan dan keterampilan untuk berpartisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan, sangat penting untuk menciptakan kesadaran lingkungan. Di daerah 3T seperti Nias, implementasi literasi lingkungan masih terbatas oleh berbagai faktor, termasuk keterbatasan sumber daya, infrastruktur, akses bahan ajar, dan kurangnya tenaga pengajar. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran lingkungan juga memperumit penerapan literasi ini di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan mengusulkan strategi untuk meningkatkan literasi lingkungan di sekolah-sekolah di daerah 3T, dengan fokus pada UPTD SD Negeri 071010 Fadoroyou di Nias. Menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini memberikan rekomendasi berbasis bukti seperti pengembangan kurikulum berbasis kearifan lokal, kolaborasi dengan masyarakat, dan pemanfaatan teknologi digital. Solusi ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pembelajaran serta mengatasi hambatan-hambatan unik yang dihadapi di daerah 3T. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi, peningkatan kualitas guru, dan pendekatan terpadu dapat memperbaiki literasi lingkungan, mendukung pembuat kebijakan dalam merancang program pendidikan lingkungan yang berkelanjutan dan relevan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Daerah_3T, Literasi, Lingkungan, Pendidikan, Teknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Apr 2025 05:42
Last Modified: 18 Apr 2025 05:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62072

Actions (login required)

View Item
View Item