PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN BELAJAR BAGI GURU IPA DI KAB. DELI SERDANG

Rajagukguk, Juniastel and Simamora, Pintor and Hutahaean, Juniar and Sitinjak, Ladestam (2024) PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN BELAJAR BAGI GURU IPA DI KAB. DELI SERDANG. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan Tahun 2024, 12 Desember 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (560kB)

Abstract

UPT SMP Negeri 1 Labuhan Deli merupakan sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Deli Serdang yang telah mengimplementasikan kurikulum Merdeka sejak Tahun 2022. Kurangnya kegiatan pelatihan dan pendampingan terhadap guru membuat implementasi kurikulum merdeka kurang efektif dan optimum selama kurang lebih dua tahun belakangan ini. SMP Negeri 1 Labuhan Deli merupakan sekolah yang berada pada lokasi padat penduduk dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan observasi awal oleh tim pengabdi LPPM Unimed telah diketahui bahwa keadaan akademik, ketersediaan sarana, prasaran dan proses pembelajaran di mitra tersebut perlu diringkatkan. Pembelajaran yang dilakukan saat ini lebih didominasi menggunakan metode diskusi dan kelompok. Beberapa model pembelajaran seperti model Problem Based Learning (PBL) atau Kooperatif telah diimplementasikan. Namun kedua model yang diterapkan tersebut tidak maksimal karena kurangnya pemanfaatan bahan ekseperimen. Di sekolah ada tersedia beberapa media percobaan untuk IPA namun guru-guru kurang paham menggunakan dalam pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi permasalahan pada mitra, maka tim pengabdi LPPM Universitas Negeri Medan merancang pelatihan dan workshop pengembangan media pembelajaran kreatif dengan menggunakan platform teknologi kepada guru-guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Metode pelatihan dimulai dari pembuatan prototype media eksperimen dan modul pembelajaran kreatif berplatform teknologi oleh tim pengabdi. Media dan modul kreatif tersebut kemudian diterapkan kepada guru-guru melalui pelatihan. Dari hasil kegiatan ini ditargetkan akan dicapai beberapa luaran yakni luaran wajib berupa Publikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi dan ber-ISSN, Publikasi pada media masa cetak/online; publikasi video kegiatan yang diunggah pada laman youtube LPPM Unimed; Laporan akhir pengabdian yang telah didaftarkan Hak Cipta. Sedangkan luaran tambahan yang ditargetkan adalah Inovasi Teknologi Tepat Guna; Buku ajar/modul ber ISBN; Peningkatan daya saing kualitas pembelajaran sebagai nilai tambah mitra di masyarakat dan Peningkatan tata nilai masyarakat dari sisi Pendidikan

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Asesmen berdiferensiasi, pembelajaran, pelatihan guru, implementasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Apr 2025 05:35
Last Modified: 18 Apr 2025 05:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62071

Actions (login required)

View Item
View Item