PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MELATI

Hany, Nadila Cempaka (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MELATI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202431016_Cover.pdf] Text
4202431016_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4202431016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202431016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4202431016_Abstrak.pdf] Text
4202431016_Abstrak.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4202431016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202431016_Kata_Pengantar.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4202431016_Daftar_Isi.pdf] Text
4202431016_Daftar_Isi.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4202431016_BAB_I.pdf] Text
4202431016_BAB_I.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 4202431016_BAB_V.pdf] Text
4202431016_BAB_V.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 4202431016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202431016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui validitas e-modul berbasis PjBL, (2) mengetahui praktikalitas e-modul berbasis PjBL, (3) mengetahui efektivitas e-modul berbasis PjBL, dan (4) mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara kolaborasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Stabat dengan sampel yang di teliti adalah kelas XI MIA 2. Instrumen yang digunakan instrumen non-tes berupa angket BSNP dan instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,89. Teknik analisis data dilakukan dengan: uji kelayakan e-modul sesuai BSNP, uji keterampilan kolaborasi, dan uji korelasi antara keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) E-modul berbasis PjBL dikatakan “valid” setelah di validasi oleh 1 orang dosen kimia dengan rata-rata penilaian materi sebesar 89% dan rata-rata penilaian media sebesar 95% yang dapat dikategorikan “sangat layak”; (2) E-modul berbasis PjBL dikatakan “praktis” setelah mendapatkan respon guru kimia dengan rata-rata persentase 97% yang dapat dikategorikan “sangat layak” dan respon peserta didik dengan rata-rata penilaian sebesar 87%; (3) E-modul berbasis PjBL dikatakan “efektif” dengan hasil nilai posttest sebesar 82,17 yang mengalami peningkatan dari 47,33. Maka diperoleh skor N-Gain sebesar 0,66 (65,72%) berada pada kriteria sedang; (4) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara keterampilan kolaborasi dengan hasil belajar peserta didik dimana rhitung sebesar 0,593 dan rtabel sebesar 0,361.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.071 2 Han p
Keywords: Asam basa; E-modul; Project based learning; Flipbook; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:56
Last Modified: 17 Apr 2025 08:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62064

Actions (login required)

View Item
View Item