PENDAMPINGAN PEMANFAATAN COMPUTER-BASED TEST (CBT) UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI EVALUASI PEMBELAJARAN DI YAYASAN RIAD MADANI

Matondang, Zulkifli and Syahputra, Fahmy and Sitompul, Harun (2024) PENDAMPINGAN PEMANFAATAN COMPUTER-BASED TEST (CBT) UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI EVALUASI PEMBELAJARAN DI YAYASAN RIAD MADANI. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan Tahun 2024, 12 Desember 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (429kB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada tenaga pendidik di Yayasan Riad Madani dalam penerapan Computer-Based Test (CBT) sebagai metode evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya integrasi teknologi dalam proses evaluasi pendidikan yang lebih efisien dan akurat. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, pelatihan penggunaan perangkat lunak CBT, simulasi ujian, dan evaluasi hasil pelatihan. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru terhadap penggunaan CBT, dengan peningkatan rata-rata pemahaman peserta dari 55% pada pre-test menjadi 85% pada post- test. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan CBT juga sangat positif, dengan 85% siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap pengalaman ujian berbasis komputer. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan yang diidentifikasi, terutama terkait keterbatasan infrastruktur teknologi seperti jumlah perangkat komputer dan kualitas jaringan internet. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penerapan CBT di Yayasan Riad Madani berpotensi meningkatkan efisiensi dan kualitas evaluasi pembelajaran. Rekomendasi ke depan mencakup peningkatan infrastruktur dan pelatihan lanjutan bagi guru untuk memperdalam penggunaan teknologi ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Computer-Based Test (CBT), evaluasi pembelajaran, teknologi pendidikan, pengelolaan ujian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Apr 2025 14:56
Last Modified: 16 Apr 2025 14:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62051

Actions (login required)

View Item
View Item