Hawa, Siti (2012) UPAYA MENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI PAUD DAHLIA INDAH LAUT DENDANG PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2012/2013.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104313010_COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
1104313010_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
1104313010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1104313010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
1104313010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
1104313010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1104313010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
1104313010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1104313010_BAB I.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
1104313010_BAB V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
1104313010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
Abstract
manjadi masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Belum terlaksananya pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan belajar di PAUD dahlia indah 2) Pendidikan karakter belum diletakkan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 19 orang, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kegiatan mendongeng untuk mengembangkan karakter kemandirian anak. Jenis penelitian ini digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang dilakukan dua siklus. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Hasil observasi dan refleksi pada siklus I menunjukan dari hasil penelitian terdapat sebanyak 9 orang anak (47,3%) tergolong cukup mandiri dan 10 orang anak (52,6%) tergolong kurang mandiri. Hal ini berarti kegiatan mendongeng yang dilakukan pada siklus I kurang berhasil, karena masih terdapat 52,6% anak yang kurang mandiri, sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II. Pada siklus II dilakukan pembelajaran dengan tetap melakukan kegiatan mendongeng, pada siklus II ini guru mendongeng dengan menggunakan alat peraga dan melakukan kegiatan kepada anak-anak. Setelah tindakan siklus II dilakukan, dari hasil observasi dan refleksi menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengembangan karakter kemandirian anak dibandingkan siklus I, yaitu anak yang tergolong sangat mandiri menjadi 2 orang anak (10,5%), sedangkan anak yang tergolong mandiri sebanyak 14 orang anak (73,6%) dan anak yang tergolong cukup mandiri sebanyak 3 orang anak (15,7%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan mendongeng dapat Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Di Kelompok B di PAUD DAHLIA INDAH Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Haw u |
Keywords: | Kemandirian;mendongeng;Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6205 |