UPAYA MENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI PAUD DAHLIA INDAH LAUT DENDANG PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2012/2013.2012/2013.

Hawa, Siti (2012) UPAYA MENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI PAUD DAHLIA INDAH LAUT DENDANG PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2012/2013.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1104313010_COVER.pdf]
Preview
Text
1104313010_COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1104313010_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1104313010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1104313010_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1104313010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1104313010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1104313010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1104313010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_BAB  I.pdf]
Preview
Text
1104313010_BAB I.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_BAB V.pdf]
Preview
Text
1104313010_BAB V.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 1104313010_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1104313010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview

Abstract

manjadi masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Belum terlaksananya pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan belajar di PAUD dahlia indah 2) Pendidikan karakter belum diletakkan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 19 orang, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kegiatan mendongeng untuk mengembangkan karakter kemandirian anak. Jenis penelitian ini digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang dilakukan dua siklus. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Hasil observasi dan refleksi pada siklus I menunjukan dari hasil penelitian terdapat sebanyak 9 orang anak (47,3%) tergolong cukup mandiri dan 10 orang anak (52,6%) tergolong kurang mandiri. Hal ini berarti kegiatan mendongeng yang dilakukan pada siklus I kurang berhasil, karena masih terdapat 52,6% anak yang kurang mandiri, sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II. Pada siklus II dilakukan pembelajaran dengan tetap melakukan kegiatan mendongeng, pada siklus II ini guru mendongeng dengan menggunakan alat peraga dan melakukan kegiatan kepada anak-anak. Setelah tindakan siklus II dilakukan, dari hasil observasi dan refleksi menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengembangan karakter kemandirian anak dibandingkan siklus I, yaitu anak yang tergolong sangat mandiri menjadi 2 orang anak (10,5%), sedangkan anak yang tergolong mandiri sebanyak 14 orang anak (73,6%) dan anak yang tergolong cukup mandiri sebanyak 3 orang anak (15,7%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan mendongeng dapat Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Di Kelompok B di PAUD DAHLIA INDAH Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Haw u
Keywords: Kemandirian;mendongeng;Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 20 Jul 2016 06:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6205

Actions (login required)

View Item
View Item