Anggraini,, Putri Dwi (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IIC SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 1123311054 Cover.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2 NIM 1123311054 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
3 NIM 1123311054 Abstrak.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4 NIM 1123311054 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5 NIM 1123311054 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6 NIM 1123311054 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM 1123311054 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8 NIM 1123311054 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9 NIM 1123311054 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13 NIM 1123311054 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14 NIM 1123311054 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Perkalian Bilangan Dua Angka menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 106164 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Melakukan tahapan yaitu tahapan perencanaan, tindakan, refleksi dan evaluasi. Objek penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pokok Perkalian Bilangan Dua Angka.
Dari hasil analisa data pre test diperoleh nilai rata-rata 47,36 dengan ketuntasan klasikal sebesar 16%, nilai pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,08 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60%, nilai pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,48 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%. Hasil penilaian rencana pembelajaran (APKG I) pada siklus I adalah 64,58% dan penilaian pelaksanaan pembelajaram (APKG II) siklus I adalah 65%. Hasil penilaian rencana pembelajaran (APKG I) siklus II adalah 88,54% dan penialaian pelaksanaan pembelajaran (APKG II) siklus II 89,37%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,75% dan siklus II adalah 91,67%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 027 |
Keywords: | Masil Belajar; Matematika; Pembagian Bilagan Dua Angka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 02:27 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6193 |