manalu, nurmiati (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R MATERI IPA BAGI SISWA KELAS V-B SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311049 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM 1123311049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
3. NIM 1123311049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM 1123311049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 1123311049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 123311049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 123311049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM 123311049 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM 123311049 DAFTAR LAMMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
10. NIM 1123311049 BAB I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM 123311049 BAB V.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
15. NIM 123311049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V-B. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R di kelas V.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101771 desa Tembung, Pasar III, Kecamatan Percut sei tuan, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian direncanakan pada bulan Januari hingga Maret. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B dengan jumlah siswa 33 orang dan objeknya adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus 1 dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi 1 akan dijadikan acuan pelaksanaan pada siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan kegiatan guru.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebagai berikut. Dari 33 orang siswa pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 56,3 dengan 4 orang siswa yang termotivasi (12,12%) dan 29 orang siswa yang tidak termotivasi (87,87%) dan siklus 1 pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 62,9 dengan 8 orang siswa yang termotivasi (24,24%) dan 25 orang siswa yang tidak termotivasi (75,75%). Karena hasil yang dicapai masih jauh dari harapan, maka dilakukan perbaikan dan dilanjutkan ke siklus 2 dengan hasil sebagai berikut. Dari 33 orang siswa pada siklus 2 pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 74,6 dengan 23 orang siswa yang termotivasi (69,69%) dan 10 orang siswa yang tidak termotivasi (30,30%) dan pada siklus 2 pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 77,4 dengan 28 orang siswa yang termotivasi (84,84%) dan 5 orang siswa yang tidak termotivasi (77,4%).
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V-B SD Negeri 101771 Tembung T.A 2015/2016. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa peneliti menyarankan supaya guru menggunakan strategi pembelajaran PQ4R.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 089 |
Keywords: | Motivasi Belajar ; Pembelajaran PQ4R ; IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 02:19 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6190 |