PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA SWASTA BINTANG LANGKAT

Kartika, Rosda (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA SWASTA BINTANG LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171141041_Cover.pdf] Text
4171141041_Cover.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4171141041_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171141041_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4171141041_Abstrak.pdf] Text
4171141041_Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4171141041_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171141041_Kata_Pengantar.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 4171141041_Daftar_Isi.pdf] Text
4171141041_Daftar_Isi.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 4171141041_Daftar_Gambar.pdf] Text
4171141041_Daftar_Gambar.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 4171141041_Daftar_Tabel.pdf] Text
4171141041_Daftar_Tabel.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4171141041_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4171141041_Daftar_Lampiran.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4171141041_BAB_I.pdf] Text
4171141041_BAB_I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 4171141041_BAB_V.pdf] Text
4171141041_BAB_V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4171141041_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171141041_Daftar_Pustaka.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dengan pendekatan saintifik berbasis aplikasi Articulate Storyline pada materi virus di kelas X SMA Swasta Bintang Langkat. Selanjutnya LKPD diuji untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas untuk meningkatkan keterampilan proses belajar peserta didik. Populasi penelitian ini terdiri dari 20 peserta didik kelas X MIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemberian angket kelayakan, angket kepraktisan dan pemberian soal pretest dan postest . Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) hasil kelayakan berfasarkan penilaian ahli materi adalah 76% dengan kategori layak, untuk kelayakan media diperoleh skor presentase 82,3% dengan kategori sangat layak dan hasil kelayakan berdasarkan penilaian ahli pembelajaran memperoleh skor presentase 93% dengan kategori sangat layak, (2) hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa LKPD sangat praktis dari respon pendidik 90,65% dan respon peserta didik 85,83%, (3) Hasil uji keefektivitasan penggunaan LKPD dilihat dari hasil perbandingan nilai pretest dan postest yang dibuat hasil dalam bentuk N-Gain dengan nilai 0,70 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) LKPD telah memperoleh penilaian yang layak, (2) LKPD telah memperoleh penilaian yang praktis, dan (3) LKPD efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, Pendekatan saintifik, Articulate Storyline, materi virus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:47
Last Modified: 27 Mar 2025 02:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61835

Actions (login required)

View Item
View Item