Purba, Renti Eva (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS ASPEK KONTEN DAN KOMPETENSI SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DIKELAS XI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203141049_Cover.pdf
Download (20kB)
4203141049_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (405kB)
4203141049_Abstrak.pdf
Download (94kB)
4203141049_Kata_Pengantar.pdf
Download (110kB)
4203141049_Daftar_Isi.pdf
Download (35kB)
4203141049_Daftar_Gambar.pdf
Download (89kB)
4203141049_Daftar_Tabel.pdf
Download (26kB)
4203141049_Daftar_Lampiran.pdf
Download (25kB)
4203141049_BAB_I.pdf
Download (133kB)
4203141049_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (506kB)
4203141049_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (283kB)
4203141049_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
4203141049_BAB_V.pdf
Download (26kB)
4203141049_Daftar_Pustaka.pdf
Download (163kB)
4203141049_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains aspek konten dan kompetensi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SMA. Sampel penelitian yang di gunakan pada penelitian ini berjumlah 2 kelas, yaitu kelas XI MIA-6 dan XI - MIA 2 yang total keseluruhan Sampel adalah 69 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis data yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian Kemampuan literasi sains aspek konten sains mendapatkan nilai rata – rata 64 % dengan interpresentasi skor kemampuan literasi sains siswa dalam aspek konten sains termasuk tinggi. Pada kemampuan literasi sains aspek kompetensi sains pada materi sistem pernapasan manusia pada aspek menjelaskan isu ilmiah mendapatkan persentase dari keseluruhan siswa adalah sebesar 34,1% dikategori rendah, pada aspek menggunakan bukti ilmiah diperoleh persentase dari keseluruhan jawaban siswa adalah 27,2% dikategorikan rendah serta pada aspek menjelaskan fenomena ilmiah didapatkan hasil persentase 26 % dengan kategori rendah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Literasi sains; Sistem pernapasan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:52 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 04:04 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61826 |
