PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI BINJAI

Nasution, Nabila Halim (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201141005_Cover.pdf] Text
4201141005_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4201141005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201141005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4201141005_Abstrak.pdf] Text
4201141005_Abstrak.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4201141005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201141005_Kata_Pengantar.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4201141005_Daftar_Isi.pdf] Text
4201141005_Daftar_Isi.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4201141005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201141005_Daftar_Gambar.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4201141005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201141005_Daftar_Tabel.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4201141005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201141005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4201141005_BAB_I.pdf] Text
4201141005_BAB_I.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4201141005_BAB_V.pdf] Text
4201141005_BAB_V.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4201141005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201141005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (215kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Binjai tahun pembelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster sampling sehingga ditetapkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIA2) dan kelas kontrol (XI MIA5) dengan jumlah siswa 33 orang . Teknik pengambilan data melalui instrumen soal literasi sains pada materi sistem ekskresi sebanyak 20 soal dengan bentuk pilihan berganda sesuai dengan frame work PISA menggunakan tiga kompetensi literasi yakni kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Rata-rata nilai postes kelas model PBM adalah 81,67 sementara rata-rata nilai postes kelas kontrol adalah 61,06. Uji hipotesis dilakukan dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh hasil H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan literasi sains siswa yang menggunakan PBM dengan pembelajaran langsung.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Binjai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi Sains, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sistem Ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:27
Last Modified: 26 Mar 2025 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61809

Actions (login required)

View Item
View Item