Irayani S., Ika (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA EXE-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
BAB 1.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
BAB 5.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jika: (1) Terdapat perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study menggunakan media eXe-Learning dan Model Pembelajaran Expository berbasis Lesson Study tanpa menggunakan media eXe-Learning terhadap hasil belajar. (2) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar siswa antara motivasi tinggi dan motivasi rendah. (3) Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study menggunakan media eXe-Learning dan Model Pembelajaran Expository berbasis Lesson Study tanpa menggunakan media eXe-Learning dengan tingkat motivasi siswa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA di SMA Swasta Al-Ulum Medan yang terdiri dari 4 kelas tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X IPA 4 dan X IPA 6. Setiap kelas pada kelas control dan eksperimen melakukan uji analisis normalitas, homogenitas dan hipotesis. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data telah terdistribusi normal dan homogen. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hipotesis menggunakan analisis varians ANAVA dua jalur dengan General Linier Models (GLM) Univariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study menggunakan media eXe-Learning dan Model Pembelajaran Expository berbasis Lesson Study tanpa menggunakan media eXe-Learning terhadap hasil belajar. dengan nilai sig (0,000) < α (0,05), maka hipotesis pertama diterima. (2) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar siswa antara motivasi tinggi dan motivasi rendah dengan sig (0,002) < α (0,05), maka hipotesis kedua diterima. (3) Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study menggunakan media eXe-Learning dan Model Pembelajaran Expository berbasis Lesson Study tanpa menggunakan media eXe-Learning dengan tingkat motivasi siswa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. dengan nilai sig < α (0,02 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan hipotesis ketiga dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Ira e |
Keywords: | Learning; Expository model; Media; Lesson study; Motivation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6177 |