PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA EXE-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Irayani S., Ika (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA EXE-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jika: (1) Terdapat perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study menggunakan media eXe-Learning dan Model Pembelajaran Expository berbasis Lesson Study tanpa menggunakan media eXe-Learning terhadap hasil belajar. (2) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar siswa antara motivasi tinggi dan motivasi rendah. (3) Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study menggunakan media eXe-Learning dan Model Pembelajaran Expository berbasis Lesson Study tanpa menggunakan media eXe-Learning dengan tingkat motivasi siswa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA di SMA Swasta Al-Ulum Medan yang terdiri dari 4 kelas tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X IPA 4 dan X IPA 6. Setiap kelas pada kelas control dan eksperimen melakukan uji analisis normalitas, homogenitas dan hipotesis. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data telah terdistribusi normal dan homogen. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hipotesis menggunakan analisis varians ANAVA dua jalur dengan General Linier Models (GLM) Univariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study menggunakan media eXe-Learning dan Model Pembelajaran Expository berbasis Lesson Study tanpa menggunakan media eXe-Learning terhadap hasil belajar. dengan nilai sig (0,000) < α (0,05), maka hipotesis pertama diterima. (2) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar siswa antara motivasi tinggi dan motivasi rendah dengan sig (0,002) < α (0,05), maka hipotesis kedua diterima. (3) Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study menggunakan media eXe-Learning dan Model Pembelajaran Expository berbasis Lesson Study tanpa menggunakan media eXe-Learning dengan tingkat motivasi siswa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. dengan nilai sig < α (0,02 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan hipotesis ketiga dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 2 Ira e
Keywords: Learning; Expository model; Media; Lesson study; Motivation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:34
Last Modified: 19 Jul 2016 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item
View Item