PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS IVA SD NEGERI 101776 SAMPALI KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2015/2016

marbun, esy analisa (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS IVA SD NEGERI 101776 SAMPALI KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 1123311028 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 1123311028 JUDUL.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 1123311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 1123311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 1123311028 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 1123311028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 1123311028 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 1123311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 1123311028 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 1123311028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM. 1123311028 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6.NIM. 1123311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM. 1123311028 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.NIM. 1123311028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM. 1123311028 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
8.NIM. 1123311028 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 1123311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 1123311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM 1123311028 BAB I.pdf]
Preview
Text
10.NIM 1123311028 BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 1123311028 BAB V.pdf]
Preview
Text
14.NIM 1123311028 BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 15.NIM 1123311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15.NIM 1123311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, siswa kurang terampil dalam bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IVa SD Negeri 101776 Sampali materi pokok Gaya melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101776 Sampali, terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan yang berasal dari siswa kelas IVa pada tahun ajaran 2015/2016. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi guru dan angket aktivitas belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Gaya di kelas IVa SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan observasi atau pengamatan yang diperoleh pada siklus I Pertemuan I masih 10% dan Pertemuan II menjadi 16,70% , namun hasil yang didapatkan masih belum sesuai dengan kriteria keaktifan belajar yaitu 60 pada setiap siswa. Untuk itu peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus II Pertemuan I kemudian mengalami peningkatan menjadi 70% dan pertemuan II meningkat menjadi 93,3%. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa sampai pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu lebih dari 70%. Kemudian hasil observasi guru dalam mengajar menggunakan model Group Investigation juga mengalami peningkatan dimana nilai rta-rata pada kondisi awal adalah 55,55, pada kondisi awal belum menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada Siklus I Pertemuan I menjadi 71,29 dan pertemuan II menjadi 78,70. Pada Siklus II nilai rata-ratanya 83,30 kemudian pada Pertemuan II meningkat menjadi 88,90 sudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation merupakan salah satu model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif dan memberi peluang siswa untuk berfikir sistematis sarta model ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok materi Gaya di kelas IVa SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016. Disarankan kepada guru-guru agar menerapkan model pembelajaran Group Investigation kepada siswa untuk menyajikan materi pokok Gayaa di kelas IV. Kepala sekolah hendaknya mengupayakan penyediaan buku-buku penunjang peningkatan profesional guru, terutama buku tentang model pembelajaran inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk- 2016 PGSD 037
Keywords: Aktivitas Belajar ; Group Investigation ; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:36
Last Modified: 19 Jul 2016 08:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6175

Actions (login required)

View Item
View Item