PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TEACHING FACTORY PADA UNIT PRODUKSI BUSANA DI SMK NEGERI 1 BERINGIN

Nurhayati (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TEACHING FACTORY PADA UNIT PRODUKSI BUSANA DI SMK NEGERI 1 BERINGIN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216122003_Cover.pdf] Text
8216122003_Cover.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 8216122003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216122003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216122003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216122003_Kata_Pengantar.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of 8216122003_Abstrak.pdf] Text
8216122003_Abstrak.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 8216122003_Daftar_Isi.pdf] Text
8216122003_Daftar_Isi.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 8216122003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216122003_Daftar_Tabel.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 8216122003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216122003_Daftar_Gambar.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 8216122003_BAB_I.pdf] Text
8216122003_BAB_I.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 8216122003_BAB_V.pdf] Text
8216122003_BAB_V.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 8216122003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216122003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan Modul Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Pada Unit Produksi Busana Di SMK Negeri 1 Beringin yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas ataupun mandiri. Pengembangan penelitian ini berdasarkan analisis kebutuhan pada siswa tata busana kelas XI pada SMK Negeri 1 Beringin. Penelitian pengembangan menggunakan metode 4D oleh Thiagarajan. Memiliki tahap penelitian Define (pendefinisian), Design (perancangan, Develop (Pengembangan, dan Disseminate (Desiminasi). Proses pengembangan melibatkan masukan ahli materi, ahli media, dan ahli instruksional, serta uji akseptabilitas dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modul Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Pada Unit Produksi Busana Di Smk Negeri 1 Beringin mendapatkan nilai ahli materi pada aspek kelayakan isi sebesar 3,43 atau 85,83% (sangat layak). Pada aspek kelayakan penyajian sebesar 3,23 atau 80,68% (layak). Aspek penilaian bahasa 3,54 atau 88,46% (sangat layak). Aspek validasi ahli instruksional 3,32 atau 82,93% (layak). Ahli media aspek kelayakan kegrafikan 3,68 atau 91,94%, (sangat layak). Pada masing-masing validasi menunjukkan bahwa produk layak digunakan dalam pembelajaran (2) Modul Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Pada Unit Produksi Busana Di SMK Negeri 1 Beringin diuji menggunakan N-Gain Score untuk melihat efektivitas penggunaan media terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan angka 0.57 (efektivitas sedang). Simpulan penelitian Modul Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Pada Unit Produksi Busana Di Smk Negeri 1 Beringin layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Nur p
Keywords: Modul, Teaching Factory, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:38
Last Modified: 25 Apr 2025 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61749

Actions (login required)

View Item
View Item